Manasik Haji KUA Pontianak Tenggara

Manasik Haji KUA Pontianak Tenggara

  Senin, 25 July 2016 15:32

Berita Terkait

KANTOR Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pontianak Tenggara melaksanakan Bimbingan Manasik Haji tahun 1437 H/2016 M di Masjid Ar-Raudhah, Jalan Abdur Rahman Saleh (BLKI) Pontianak. Manasik ini diikuti 66 orang jemaah calon haji.

Manasik haji dilaksanakan selama delapan hari, 19-27 Juli 2016. Dibuka secara resmi Sekretaris Camat Pontianak Tenggara  Iwan Amriadi, M.Si  atas nama Camat Pontianak Tenggara.

Sekcam menyampaikan kepada jamaah supaya manasik ini diikuti dengan sebaik-baiknya. “Ilmu manasik merupakan salah satu bekal yang harus dimiliki untuk menjadi haji mabrur, karena sempurnanya syarat, rukun, wajib dan sunnah dalam ibadah haji dapat diketahui melalui manasik haji. Jamaah harus tahu mana yang wajib, sunnah, syarat dan rukun haji,” beber Sekcam.

Sedangkan Kepala KUA Kecamatan Pontianak Tenggara dalam sambutannya mengatakan kepada jamaah calon haji supaya menjaga kekompakan, kebersamaan dan menjaga nama baik Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat dan Indonesia.

"Karena bapak ibu calon haji ini menjadi duta bangsa di Tanah Suci. Terpenting lagi supaya memasang dan meluruskan niat ikhlas karena Allah swt, bukan untuk gagah-gagahan, atau supaya dipanggil pak haji atau bu hajjah apalagi untuk menyombongkan diri," terangnya. Nantinya di tanah suci jamaah haji Pontianak Tenggara saling berbaur serta tolong menolong antar sesama jamaah. Selain itu, untuk mencapai kesempurnaan ibadah hajinya, para jamaah harus mengikuti semua rangkaian ibadah.

Ketua Pengurus Masjid Ar-Raudhah H Martias HR menyampaikan supaya para calon haji mengikuti manasik dengan sebaik-baiknya. Selain itu, juga harus selalu menjaga kesehatan karena sehat fisik, mental spiritual dan aman diperjalanan merupakan syarat istito’ah bagi seseorang untuk nenunaikan ibadah haji.

Martias berterima kasih kepada panitia dan segenap pihak yang telah menetapkan Masjid Ar-Raudhah sebagai tempat untuk manasik tingkat Kecamatan Pontianak Tenggara. Apalagi kegiatan manasik ini merupakan sejarah baru untuk wilayah Kecamatan Pontianak Tenggara yang melaksanakan kegiatan manasik untuk yang pertama kali setelah pemekaran dari wilayah Kecamatan Pontianak Selatan sebelumnya.**

Berita Terkait