Manasik Haji; Kenalkan Jamaah Kawasan Arafah, Muzdalifah dan Mina

Manasik Haji; Kenalkan Jamaah Kawasan Arafah, Muzdalifah dan Mina

  Senin, 15 April 2019 13:18

Berita Terkait

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arafah menggelar manasik haji terakhir sebelum Ramadan. Nantinya manasik akan dilanjutkan setelah Idul Fitri. Minggu (14/4) calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini diberikan bekal praktik ibadah haji yang berlangsung di Asrama Haji Pontianak. Jemaah mengenakan ihram dan melaksanakan ibadah layaknya di Tanah Suci. 

Ahmad Kholil, Pimpinan KBIH Arafah mengatakan manasik akan dilakukan sebanyak 16 kali. Sebelum Ramadan, pihaknya memang menargetkan calon jemaah haji mengikuti manasik sebanyak delapan atau sembilan kali. Tidak hanya teori tetapi juga praktik. Manasik akan dilanjutkan kembali setelah Idul Fitri.

“Ini kan baru delapan atau sembilan kali manasik. Kan manasiknya itu sebanyak 16 kali. Karena memasuki bulan puasa, ini kami setop sementara. Nanti dilanjutkan kembali,” papar dia. 

Kholil menjelaskan, manasik haji ini bukan hanya memberikan teori dan praktik ibadah haji saja, tetapi juga menginformasikan perkembangan-perkembangan terbaru seputar ibadah haji sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci bulan Juli mendatang.

“Sekarang mulai ada titik terangnya. Nanti setelah idul fitri, akan ada pembahasan tentang lokasi, hotel tempat menginap, serta informasi lain mengenai ibadah haji,” urainya. 

Dia juga menginformasikan, musim haji tahun ini diprakirakan memasuki musim panas. Prediksi berada di suhu 50 derajat celcius. Jemaah diminta untuk lebih menjaga kondisi kesehatannya. Mulai mempersiapkan fisik dan mental dari sekarang.

Terkait dengan ibadah, pihaknya berupaya agar jemaah itu bisa mandiri. Tidak bergantung dengan pembimbing. Itu sebabnya jemaah diminta untuk aktif saat manasik agar jemaah tidak ketinggalan atau pun salah dalam menjalankan ibadah haji terutama ibadah wajib.

“Pembimbing manasik jemaah ini nantinya juga yang akan berangkat ke Tanah Suci, dan memang sudah berulang kali berangkat umrah. Jadi sudah tahu lokasi dan siap membimbing jemaah saat di tanah suci,” pungkasnya. (mrd)

Berita Terkait