Maksimalkan Peran Mitra, BKKBN Adakan Rakornis Pemantapan Program

Maksimalkan Peran Mitra, BKKBN Adakan Rakornis Pemantapan Program

  Jumat, 22 March 2019 14:56

Berita Terkait

PONTIANAK-Kolonel Infantri Asisten Teriotial Kodam XII Tanjung Pura Asep mengatakan, Rapat Koordinasi Teknis BKKBN Kalbar bersama mitra yang dilaksanakan Jumat (23/3) sebagai bekal pemantapan dalam pelaksanaan kegiatannya di lapangan.

"Kita (TNI) sudah melakukan MoU dengan BKKBN sebagai mitra. Pogram rutin pun sudah dijalankan yaitu TNI Manunggal, KB Kesehatan yang dilaksanakan dari tingkat pusat sampai tapak," kata Asep usai menjadi narasumber Rakornis Kemitraan BKKBN Kalbar bersama mitra.

Sebagai mitra, tugas TNI dalam membantu program kependudukan dan keluarga berencana memberikan motivator dan fasilitator di tingkat masyarakat.

Dari MoU kini menunjukan hasil positif. Dimana target-target yang dikejar BKKBN tiap tahun sudah menunjukkan trend peningkatan. Itu bisa dilihat dari pemahaman masyarakat tentang Kependudukan dan keluarga berencana.

Diakui dia dalam upayanya memberi motifasi dan fasilitator kepada masyarakat tersandung dengan akses yang sulit dijangkau. Namun menurutnya itu bukan kendala. Mudah-mudahan di 2019 yang menjadi target bisa tercapai.

Di tempat sama, Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat, Kusmana mengatakan, tujuan rapat kerja teknis bersama mitra dilakukan sebagai tindak lanjut rencana kerja bersama  untuk menentukan target capaian yang akan dilakukan tahun ini.

Pantauan dia, apa yang sudah dilakukan BKKBN bersama mitra sudah berjalan sesuai harapan. Seperti penurunan angka kelahiran, peserta KB menggunakan kontrasepsi moderen sampai menekan angka kelahiran umur 15-19 tahun. 

Tantangan ke depan lanjut Kusmana BKKBN bakal berupaya memberi pelayanan bagi pasangan usia subur yang siap jadi peserta KB namun belum terlayani. Utamanya di wilayah aliran sungai Kusmana merasa layanannya masih minim. "Ini menjadi target kami," kata dia.

Belum lama ini, BKKBN juga melakukan pelayanan kepsertaan KB menggunakan kapal bandong melewati beberapa kabupaten. Sasarannya masyrakat yang tinggal ditepian aliran sungai. 

Untuk terobosan di tahun ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi memggunakan sampan-sampan kecil. Di sosialisasi bersama mitra itu pihaknya juga bakal memberikan pelayanan KB.(iza)

Berita Terkait