Majukan Mutu Pendidikan, Persiapkan Calon Kepsek

Majukan Mutu Pendidikan, Persiapkan Calon Kepsek

  Jumat, 10 May 2019 10:13
BERSAMA: Kadis Dikbud Sambas berfoto bersama dengan Calon Kepala Sekolah.

Berita Terkait

Dinas Dikbud Sambas Kerja Sama LPMP Kalbar

SAMBAS – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Barat Tahun 2019, menyiapkan puluhan orang untuk disiapkan menjadi Kepala Sekolah. Calon-calon kepala sekolah tersebut disiapkan dengan melalui beberapa tahapan. Terakhir adalah Diklat In Service Learning 2 Calon Kepala Sekolah yang dilaksanakan di Hotel Pantura, Kamis (9/5) yang merupakan proses terakhir dimana peserta akan mendapatkan sertifikat atau semacam SIM untuk bisa menjadi Kepala Sekolah diikuti sekitar 70 peserta Calon Kepsek.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas, Drs Sabhan MPd mengatakan peserta di tahapan terakhir ini, nantinya jika lolos, akan mendapatkan sertifikat. “Akan mendapatkan seritifkat, jika sudah memiliki sertifikat jadi sudah siap menjadi Kepala Sekolah. Artinya peserta diklat ini, sudah ada modal,” kata Sabhan, ketika membuka kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Sabhan lebih banyak menceritakan pengalamannya saat berproses menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sambas, dengan tujuan memberikan motivasi kepada peserta diklat Calon Kepala Sekolah. Dimana, jika para calon ini menjadi kepala sekolah harus melewati beberapa tahapan, untuk meraih sesuatu. Namun semuanya kembali ke Alllah Subhanahu wata’ala.

“Tahapan dan usaha harus dilakukan, segala tantangan harus dijalani, persoalan apapun yang muncul harus dihadapi, harus punya mental kuat, jangan mudah menyerah. Dan semua harus dikembalikan ke Allah Subhanahu wata’ala,” katanya.

Kalau menjadi kepala sekolah atau mengemban jabatan. Sabhan berharap jangan mudah mengeluh, lakukan segala upaya terlebih dahulu. “Kalaupun mau mengeluh, mengeluhlah kepada Allah Subhanahu wata’ala,” katanya. Dalam kesempatan tersebut, Sabhan juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Widyaswara LPMP Pontianak yang melakukan pendampingan. Kemudian semua pihak yang terlibat.

“Saya sangat menyayangkan, ada dua orang mengundurkan diri. Sebenarnya tinggal beberapa tahap, termasuk di tahap ini adalah ringan dibandingkan sebelumnya. Bukan berarti tak bermakna, namun inilah proses puncaknya,” katanya. Sabhan, di kegiatan itu juga memperkenalkan sebuah buku yang sudah habis dibacanya dan diulang membacanya. Dimana buku tersebut biasa dijadikan materi pertanyaan Kepsek.

Eko, pihak observer yang sekaligus mewakili Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) mengatakan sangat takjub dengan semangat para peserta di Kabupaten Sambas. Diharapkan semangat ini, ke depan akan melahirkan kepala sekolah yang memiliki kualitas dalam memajukan dunia pendidikan di Sambas.

“Seperti tujuan dilaksanakan kegiatan Diklat, bagaimana mempersiapkan calon kepala sekolah agar nanti menjadi kepsek yang memiliki kualitas, pandangan ke depan membangun pendidikan, dan ini semua demi mutu pendidikan daerah, sehingga Sambas tak kalah dengan daerah lainnya dalam hal pendidikan,” katanya.(fah)

Berita Terkait