Mahkota untuk si Jago Taekwondo

Mahkota untuk si Jago Taekwondo

  Minggu, 11 March 2018 08:30

Berita Terkait

Sonia Fergina Citra Sisihkan 38 Kontestan

JAKARTA – Sonia Fergina Citra asal Bangka Belitung tak dapat menutupi rasa terkejut dan bahagia di wajahnya. Jumat menjelang tengah malam (9/3), Sonia dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2018. Sonia menyisihkan 38 kontestan pada malam final yang diadakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan. Puteri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani memakaikan mahkota Puteri Indonesia ke kepala Sonia.

Selain Sonia yang terpilih sebagai Puteri Indonesia 2018, ada dua kontestan lain yang masuk jajaran tiga besar. Mereka adalah Vania Fitryanti (Banten) yang menjadi runner-up I sekaligus Puteri Indonesia Lingkungan 2018 dan Wilda Octaviana Situngkir (Kalimantan Barat) yang terpilih sebagai runner-up II sekaligus Puteri Indonesia Pariwisata 2018.

Faktor kemenangan Sonia tentu bukan cuma wajah cantik. Perempuan yang bekerja sebagai digital marketing executive itu sanggup mencuri hati sembilan juri dengan jawaban memukau dalam sesi enam besar. Mereka adalah Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Ketua Bidang Organisasi Yayasan Puteri Indonesia (YPI) Kusumadewi, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Menpora Imam Nahrawi, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf. Juga, Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw, tokoh ekonomi Johnny Darmawan, Miss Universe 2007 Riyo Mori, serta Ketua Bidang Komunikasi Yayasan Puteri Indonesia Mega Angkasa.  

Di sesi enam besar, Sonia mendapat pertanyaan dari Riyo. Perempuan asal Jepang itu bertanya seputar persekusi yang marak terjadi di Indonesia. Dengan tenang, perempuan yang jago taekwondo itu menjawab bahwa persekusi adalah penyerangan secara sistematis dari satu golongan ke golongan lain karena adanya perbedaan. ’’Menurut saya, itu terjadi karena intoleransi. Maka, toleransi berperan sangat penting,’’ ujarnya. 

Lolos enam besar, Sonia melaju ke babak akhir tiga besar bersama Vania dan Wilda. Di babak itu, mereka mendapat satu pertanyaan yang sama dari Miss Universe 2017 Demi-Leigh Nel-Peters. Perempuan asal Afrika Selatan tersebut bertanya tentang hubungan mereka dengan ibu masing-masing dan meminta menggambarkan sosok ibu mereka.

Sonia mendapat kesempatan menjawab pertama. Dia mengungkapkan bahwa sosok ibunya, Fransisca Evelin Burter, adalah sosok yang tangguh. Meskipun beberapa kali berbeda pendapat, Sonia yakin ibunya adalah sosok yang pemaaf dan penuh cinta. Sonia sempat speechless ketika menjawab pertanyaan Demi-Leigh. Namun, dia berhasil melalui sesi final question dengan lancar.

Begitu host Andhika Pratama dan Farhannisa Nasution menyebut nama provinsinya sebagai pemenang, Sonia tersenyum lega. ’’Akhirnya saya bisa membawa kembali mahkota untuk Bangka Belitung sejak Kak Artika (Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2004) menang di 2004,’’ kata Sonia. Pada Pemilihan Puteri Indonesia 2004, Artika menjadi perwakilan Bangka Belitung.

Sonia masih tak percaya meski sudah mengenakan mahkota berbentuk Candi Borobudur dan selempang Puteri Indonesia 2018. ’’Perasaan saya masih campur aduk. Mulai bahagia dan bangga bisa mewakili Bangka Belitung untuk menang lagi,’’ kata Sonia. 

Sebagai Puteri Indonesia 2018, segudang tanggung jawab menanti perempuan 25 tahun itu. Mulai menjadi duta antinarkoba, duta antikorupsi, duta pariwisata, hingga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial. Selain itu, Sonia akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2018. 

Sebagai Puteri Indonesia 2018, Sonia sudah mengantongi beberapa poin yang menjadi fokus perhatiannya. Salah satunya pariwisata. Sebelum mengikuti pemilihan Puteri Indonesia, Sonia memang aktif mengampanyekan potensi wisata daerah asalnya sebagai duta pariwisata Bangka Belitung.

Di samping pariwisata, Sonia sangat peduli terhadap lingkungan hidup. Salah satunya adalah kelestarian biota laut dan terumbu karang. Dia pernah mengikuti kegiatan gerakan adopsi terumbu karang. Selain itu, dia sangat bersemangat mengiringi persiapan penyambutan para kontingen internasional pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Sementara itu, penobatan Puteri Indonesia tadi malam dihadiri tiga ratu kecantikan dunia. Selain Demi-Leigh, ada Miss International 2017 Kevin Lilliana dan Miss Supranational 2017 Jenny Kim.  (len/c19/nda)

Berita Terkait