Mahasiswa Polnep Belajar Industri Perkebunan Kelapa Sawit Kalbar

Mahasiswa Polnep Belajar Industri Perkebunan Kelapa Sawit Kalbar

  Minggu, 10 February 2019 15:42

Berita Terkait

MAHASISWA Semester 7, Jurusan Teknologi Pertanian, Program Studi D4 Manajemen Perkebunan (MJP) Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) melakukan Kunjungan Industri ke PT. Patiware, Desa Karimunting, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Kegiatan ini diikuti 49 orang mahasiswa. Mereka didampingi lima orang dosen pengajar.

Kegiatan kunjungan industri merupakan rangkaian kegiatan perkuliahan sebelum mahasiswa mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Penyusunan Tugas Akhir (TA).

PT. Patiware yang merupakan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di utara Kalbar. Perjalanan dari Kampus Polnep berjalan lancar. Mahasiswa Prodi MJP disambut dan diberikan pelayanan terbaik oleh pihak perusahaan.

Kegiatan pembukaan dipimpin Nopriandi selaku training center manager didampingi Munawir selaku KTU.  Selanjutnya over view PT. Patiware disampaikan Rulin Setiawan Kacaribu sebagai estate manager kebun Patiware 2 di Gedung Training Center.

Mahasiswa diarahkan mengunjungi pabrik dan kebun kelapa sawit. Kunjungan ke pabrik diikuti oleh 14 orang. Mereka melihat langsung proses dan hasil pengolahan Crude Palm Oil (CPO), kernel, dan shells.

Sedangkan ke kebun dibagi menjadi enam kelompok. Satu kelompok mengunjungi satu afdeling. Mahasiswa dapat ilmu berharga bagaimana proses pembibitan, pemupukan, penyemprotan, dan panen.

Semua kegiatan berjalan lancar. Mahasiswa penuh antusias. Bukti bahwa mereka siap untuk terjun ke dunia kerja sebagai lulusan terbaik diploma 4.

“Terimakasih Banyak atas waktu dan kesempatan yang diberikan oleh PT. Patiware kepada mahasiswa Prodi MJP Polnep untuk bisa berkunjung serta belajar langsung bagaimana proses kegiatan industri perkebunan kelapa sawit,” ujar Revi Sesario, S. Hut,. MM selaku Ketua Prodi MJP dipenutup kegiatan.

Revi mengharapkan apa yang didapatkan pada kunjungan industri ini sanggup menambah semangat mahasiswa tingkat akhir dalam menjalankan proses penyusunan Tugas Akhir sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan.

Perjalanan selanjutnya dilanjutkan menuju Pasir Panjang Singkawang dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dan dosen pendamping. Malam harinya diisi dengan kegiatan pentas seni oleh kelompok mahasiswa berdasarkan kelompok bimbingan kunjungan industri. (Suci/Rhamadanniar)

 

Berita Terkait