Mahasiswa FKIP UMP Ikut Pelatihan Pengembangan Budidaya Jamur Tiram

Mahasiswa FKIP UMP Ikut Pelatihan Pengembangan Budidaya Jamur Tiram

  Senin, 24 September 2018 11:32
JAMUR: Suasana pelatihan budi daya jamur tiram. FOTO IST

Berita Terkait

PERAN dan fungsi mahasiswa tidak hanya sekedar belajar secara teoritis saja melainkan juga mempraktekkan apa yang sudah di dapat di masyarakat. Salah satu peran dan fungsi mahasiswa yaitu peranan sosial, yang memiliki arti bahwa segala sesuatu perbuatanya tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri tetapi juga harus membawa manfaat terhadap lingkungan dan masyarakat. Salah satunya kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yaitu mengembangkan diri pada bidang kewirausahaan.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah (FKIP UM) Pontianak merupakan salah satu fakultas yang memiliki profil lulusan selain menjadi tenaga pengajar profesional, profil lulusan lain yang direncanakan adalah menjadi wirausahawan. Implementasi nyata yang sudah dilakukan Fakultas yaitu dengan mencantumkan mata kuliah kewirausahaan ke dalam kurikulum masing-masing program studi. 

Dalam mewujudkan profil tersebut selain memberikan teori tentang kewirausahaan, juga diperlukan praktik-praktik riil dalam mematangkan mahasiswa untuk menjadi enterpreneur yang handal yaitu dengan memberikan pelatihan-pelatihan tentang kewirausahaan. Salah satu pelatihan yang dilakukan oleh dosen FKIP UM Pontianak kepada mahasiswa yaitu pelatihan kewirausahaan tentang budidaya jamur tiram dan pembuatan media tumbuh jamur tiram.

Pelatihan budidaya jamur tiram dibagi menjadi dua bagian kegiatan yaitu kegiatan sosialisasi tentang pelatihan budidaya jamur tiram yang dilaksanakan di ruangan laboratorium UM Pontianak pada tanggal 10 Maret 2018 dan kegiatan pelatihan pembuatan baglog atau media tumbuh jamur bekerjasama dengan pengusaha jamur tiram, Gita dilaksanakan di rumahnya Jalan Pembangunan Komplek Restu Perdana Kecamatan Sungai Rengas Kabupaten Kubu Raya pada 10 Maret 2018 secara bersamaan. 

Kegiatan ini diikuti 17 mahasiswa FKIP yang terdiri dari mahasiswa Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia dan mahasiswa PG-PAUD. Kegiatan dilakukan dalam rangka memperkuat karakter mahasiswa FKIP sebagai mahasiswa enterpreneur. Dengan kegiatan budidaya jamur ini, selanjutnya akan dibentuk unit bisnis Kampus UM Pontianak dengan memberdayakan mahasiswa sekaligus menciptakan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan.(ags/ser) 

Berita Terkait