Lulusan SUPM Berkontribusi Bangun Daerah

Lulusan SUPM Berkontribusi Bangun Daerah

  Senin, 17 June 2019 09:39
WISUDA: Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan turut melakukan prosesi wisuda pelajar lulusan SUPM Negeri Pontianak Angkatan 48 Tahun Pelajaran 2018/2019 | foto Humas Pemkab Kubu Raya

Berita Terkait

SUNGAI RAYA – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menginginkan setiap lulusan siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) bisa memberikan kontribusi bagi daerah masing-masing dengan menerapkan setiap ilmu pengetahuan yang telah didapat selama duduk di bangku sekolah. 

“Saya berharap setelah pelepasan dan wisuda siswa SUPM ini, tentunya kita tidak sekadar melepaskan saja tapi juga harus mengawal anak-anak kita agar mereka mampu berkontribusi bagi daerah mereka masing-masing,” kata Muda usai menghadiri wisuda dan pelepasan lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Pontianak Angkatan 48 Tahun Pelajaran 2018/2019 di Ruang Serbaguna SUPM Pontianak, Nipah Kuning, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (15/6).

Menurutnya, dengan pendidikan, pengetahuan, pengalaman, pergaulan dan relasi sosial serta praktik-praktik kerja yang telah mereka dapatkan di sini, mampu menjadi karakter yang tertanam bagi diri masing-masing pelajar lulusan SUPM tersebut. 

“Karena pendidikan ini memerlukan suatu kesiapan karakter yang unggul sehingga mereka mampu mengembangkannya di tempat mereka bekerja,” ujarnya. 

Dikesempatan yang sama, Muda mengucapkan selamat kepada para lulusan yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat. Ia berharap alumni SUPM dapat memberi sumbangsih terbaik kepada daerah asal dengan keahlian yang telah dimiliki.

“Bagi anak-anakku yang hari ini di wisuda dan mengakhiri studi di SUPM. Darma baktikan keahlian kalian untuk daerah masing-masing. Karena daerah menantikan peran dan partisipasi alumni SUPM dalam berkontribusi bagi daerah masing-masing,” ungapnya. 

Kepala SUPM Negeri Pontianak, Mustafa, menambahkan, SUPM Negeri Pontianak merupakan satu di antara sembilan SUPM di Indonesia yang menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. 

Ia menerangkan para lulusan SUPM telah dibekali sertifikat Kompetensi Keahlian dari Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP). Di antaranya sertifikat Operator Penangkapan Ikan di Laut untuk NPL, Operator Mesin Kapal Ikan untuk Proka TPL, Operator Budidaya Perikanan untuk Proka TBP, dan Operator Pengelolaan Hasil Perikanan untuk Proka TPHP. (ash) 

Berita Terkait