Lonjakan Penumpang Masih Terjadi

Lonjakan Penumpang Masih Terjadi

  Selasa, 18 June 2019 09:34
MEMBELUDAK: Meski arus balik telah usai, lonjakan penumpang yang menggunakan jasa kapal klotok di Pelabuhan Teluk Batang masih saja terjadi. Seperti terlihat pada Senin (17/6) lalu, di mana penumpang membeludak. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

TELUK BATANG – Meski arus balik lebaran telah usai, namun intensitas lonjakan penumpang masih terlihat di Pelabuhan Teluk Batang. Hal tersebut terpantau pada Senin (17/6) lalu, ketika penumpang kapal klotok terlihat begitu membeludak.

Salah satu penumpang, Febri, mengatakan, untuk pemandangan ini sudah menjadi hal yang biasa ketika ia hendak kembali ke Pontianak, usai libur kuliah. Bahkan dirinya mengaku tidak dapat tempat tidur selama perjalanan. Dia hanya duduk dengan memegang lututnya  hingga ke Pontianak yang jarak tempuhnya kurang lebih 8 – 10 jam pelayaran.

"Saya datang telat, ikut klotok yang jam delapan malam. Jadi saya tidak dapat tempat, hanya untuk duduk saja. Jadi semalaman hanya duduk berdempet-dempet saja," kata mahasiswi Universitas Muhammadiyah Pontianak tersebut ditemui di Pelabuhan Teluk Batang.

Kapal yang  berbahan kayu ini, menurut dia, menjadi alternatif pilihan lantaran harganya juga terjangkau, juga bisa membawa kendaraan mereka yang sebagian besar roda dua. "Cukup terjangkau dibanding speedboat kan, juga bisa bawak kendaraan motor juga, kalau speedboat kan tidak bisa,” aku Febri.

Ia berharap pelayanan mulai dari penjualan tiket hingga mempertimbangkan kapasitas penumpang, menjadi pekerjaan rumah untuk diperhitungkan oleh pemilik kapal, sehingga keselamatan lebih terjamin. "Apa lagi kalau kondisi ramai kan, jadi tidak berdesakan ngantri tiketnya, dikasih tali misalnya di depan loket itu, terus jumlah penumpangnya  juga jangan melebihi kapasitas, sehingga ada penumpang yang kurang nyaman ketika berlayar karena tempat yang sempit," keluh dia. (dan)

Berita Terkait