Lingkungan Membentuk Dirimu Menjadi Pemimpin

Lingkungan Membentuk Dirimu Menjadi Pemimpin

  Selasa, 26 March 2019 13:06
WIMNUS: Wirausaha Muda Nusantara bersama Sekda Mempawah Ismail usai memberikan seminar motivasi kepada kaum muda di Kabupaten Mempawah, Minggu (24/3). Aristono/Pontianak Post

Berita Terkait

PONTIANAK – Sebanyak kurang lebih 1000 siswa memenuhi Auditorium Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Kabupaten Mempawah dalam seminar motivasi : Road Map To Be The World Class Leader yang digelar Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus), Minggu (24/3). Para siswa-siswi dari SLTA dan pemuda se-Kabupaten Mempawah itu terlihat antusias mendengar motivasi dari trainer dan motivator muda yang sekaligus Ketua Umum DPP Wimnus, Syafii Effendi. Turut hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah Ismail mewakili Bupati dan Ketua DPD KNPI Kalbar Erry Iriansyah.

Dengan gaya yang enerjik dan menggugah semangat, dia berusaha membuka pikiran para peserta seminar untuk melihat masa depan. Menurutnya beberapa tahun ke depan, dunia termasuk Indonesia penuh tantangan. 

Menurutnya untuk menghadapi berbagai permasalahan bangsa, diperlukan penguatan dalam ideologi dan ekonomi. "Pertahankan dua  hal ini untuk mejadi Negara yang kuat. Yaitu Ekonomi dan Ideologi. Negara-negara maju di luar sana bisa kuat karena mereka mempertahankan dua hal ini. Urusan keamanan, kesehatan, Pendidikan itu setelah dua hal tersebut," ujarnya.

Menurutnya, generasi muda saat ini adalah tumpuan untuk menjadikan Indonesia menjadi negara maju. Dia menerangkan fenomena bonus demografi yang akan menyambangi Indonesia di tahun 2020. Dimana penduduk usia produktif akan melonjak tajam. Dia menilai hal tersebut bisa menjadi peluang dan juga ancaman. Jepang adalah negara yang sukses menjadikan bonus demografi sebagai modal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya.

Menurutnya, selain kompetensi di bidang keilmuan, tantangan terbesar soal semangat dan kemauan. “Perlu motivasi dari anak muda kita untuk maju. Peluang terbesar adalah menjadi pengusaha. Ini tidak sulit, kalau memulai usaha di usia muda, maka kita akan mendapatkan pengalaman seawal mungkin, dan bisa lebih cepat mencari jalan keluarnya. Apalagi usia muda penuh kreativitas,” papar dia.

Penting pula bagi para pelajar untuk mencari lingkungan yang pas dalam rangka membentuk karakter tangguh bagi dirinya. Salah satunya adalag lingkungan pertemanan. Menurutnya, memiliki lingkungan pertenanan yang baik akan menempa karakter dan perilaku seseorang. "Fokus Perbaiki Input, salah satunya Teman. Teman adalah nasib. Jika ingin mengubah nasib maka harus ganti teman," ujarnya.

Ladang bisnis yang cocok untuk pengusaha muda, kata dia, adalah hal-hal solutif. Cari permasalahan di suatu tempat. Lalu temukan solusinya. Misalnya, kata dia, bikinlah usaha air minum di daerah yang kekurangan air bersih. ‘Contoh sukses misalnya, ada Go-Jek yang menjadi solusi kemacetan dan kebutuhan transporatsi dinamis di kota besar. Sekarang Go-Jek memenangkan pertarungan dengan transportasi konvensional,” jelas dia. Effendi mengajak pemuda Mempawah memiliki mental keberanian untuk membuka lapangan kerja. “Kita harus memiliki target, anda yang kuliah di kebidanan anda harus memiliki impian memiliki rumah sakit sendiri, begitu juga dengan anda yang jurusan ekonomi anda harus menjadi pemilik bank,” pungkasnya. (ars)

Berita Terkait