Linda Ango, Siap Perjuangkan Hak Perempuan

Linda Ango, Siap Perjuangkan Hak Perempuan

  Sabtu, 4 Agustus 2018 21:31

Berita Terkait

Nama Linda Ango sudah sering didengar masyarakat Kalimantan Barat. Wanita kelahiran Sanggau, 58  tahun yang lalu ini cukup aktif dalam berbagai kesempatan. Linda dikenal sebagai sosok pekerja keras. Kiprahnya dalam bidang sosial membuat dirinya dikenal banyak masyarakat. 

================

TAHUN  2019 mendatang, ia kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.  Dunia politik bukanlah hal baru bagi Linda. Tahun 2014 lalu, ia turut meramaikan pemilihan anggota legislatif. Kali ini, Linda mengusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang berada di daerah pemilihan 6 Sanggau-Sekadau. 

"Saya mencalonkan diri ingin memperjuangkan hak-hak perempuan, pendidikan dan kesehatan.  Karena kita perempuan, jadi tahu kondisi perempuan dan keinginan perempuan. Contohnya, di bidang kerja masih nggak balance. Mereka anggap perempuan belum mampu. Saya yakin kalau perempuan dikasih kesempatan mereka akan maksimal,” ulasnya. 

Menurut dia, seorang perempuan itu harus tampil berani. Termasuk memanfaatkan kesempatan untuk keterwakilan perempuan di Dewan Perwakilan Rakyat. “Suatu kebanggaan sendiri bagi saya. Perempuan harus berani lagi tampil. Terlepas dari sukses atau tidaknya, yang penting harus berani dulu,” katanya optimis. 

Belum lama ini, Linda Ango terpilih menjadi Ketua DPD JMA (Jokowi Macan Asia) Kalbar. Ia segera melengkapi perangkat kepengurusan dan membentuk DPC -DPC se Kalimantan untuk menyukseskan visi misi utama JMA mendukung kepemimpinan  Jokowi Widodo untuk 2 periode.  JMA  Kalbar kata Linda Ango juga akan membantu pemerintah daerah maupun pusat  dalam usaha percepatan  menyejahterahkan masyarakat dan rakyat melalui program-program kerja yang telah digariskan oleh DPP JMA pusat. “Tentu saja dengan memperhatkan skala prioritas sesuai situasi dan kondisi daerah,” ungkapnya.  

Linda Ango juga akan melakukan konsolidasi dalam mempersiapkan team yang solid untuk dapat merealisasikan program kerja yang telah digariskan oleh DPP. Dia pun  mengharapkan dukungan penuh dari seluruh simpatisan dan kader JMA Kalbar yang loyal. “JMA juga memiliki 100 Program JMA untuk Rakyat. Beberapa diantaranya bantuan sosial untuk petugas sampah, petugas taman, dan petugas sapu, serta ada aksi donor darah. Kami juga akan mengadakan pasar murah. Tanggal 16 Agustus 2018 jam 08.00 bekerja sama dengan Oditur Militer akan adakan pasar murah nyambut hari Kemerdekaan di halaman Oditur Militer, Jalan Gusti Sulung Lelanang,” pungkasnya.

Kedepannya  Linda Ango juga berharap bisa mendapat respon positif dari Pemerintah Daerah untuk dapat bersama- sama dalam usaha pembangunan daerah dan percepatan kesejahteraan rakyat Kalbar pada umumnya yg mengacu pada ekonomi kerakyatan. 

Linda juga dikenal sebagai Pimpinan  Persatuan Organisasi Tionghoa (Perwati). Melalui organisasi yang didirikan pada tahun 2013, tepatnya tanggal 21 Desember ini, Linda banyak berperan di masyarakat. Alasannya mendirikan Perwati berangkat dari kepeduliannya terhadap masyarakat yang membutuhkan. Bersama Perwati, ia kerap membantu pemerintah dalam menyukseskan Program Keluarga Berencana.

“Saya melihat ada banyak masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan. Selama ini orang memberikan bantuan lebih banyak ke panti-panti. Padahal ada banyak masyarakat di daerah yang memerlukan bantuan,” jelas dia.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan berupa paket sembako, dana serta bantuan peralatan kesehatan. “Umpama cacat dan dia tinggal di lingkungan pelosok. Nah kita beri kursi roda. Kami juga pernah bekerja sama dengan pemerintah provinsi, puskesmas, lurah dan RT untuk turun ke lapangan melakukan kegiatan foging untuk mencegah meluasnya wabah DBD,” bebernya.

Meskipun ia disibukkan dengan pekerjaan, tetapi rumah tangga tetap nomor satu. Peran perempuan tidak bisa hilang dari urusan rumah tangga. Baginya jika rumah tangga bisa dibenahi, baru seseorang bisa eksis di luar. Apalagi suami dan anak sangat mendukung selama itu positif.(mrd)

Liputan Khusus: 

Berita Terkait