Lima Tewas di Jalan Raya

Lima Tewas di Jalan Raya

  Rabu, 31 Oktober 2018 09:17
PITA: Wakapolres Kapuas Hulu Kompol Ricky ketika menyematkan pita kepada perwakilan masing-masing instansi, tanda dimulainya Operasi terpusat Zebra Kapuas 2018 diwilayah Hukum Polres Kapuas Hulu, dalam apel gelar pasukan di halaman Mapolres, Selasa (30/10)

Berita Terkait

PUTUSSIBAU - Operasi terpusat Zebra Kapuas 2018 dimulai Rabu (30/10). Untuk mengawal pelaksanaan operasi tersebut, Polres Kapuas Hulu melaksanakan Apel Gelar Pasukan di halaman Polres  setempat Pukul 07.20 WIB.

Sejauh ini angka kasus laka lantas diwilayah hukum Polres Kapuas Hulu mengalami penurunan, meskipun untuk periode Januari-Oktober 2018 sebanyak 17 kasus, korban meninggal dunia 5 orang. "Tahun lalu 20 kasus laka lantas," kata AKP Riko Kasat Lantas Polres Kapuas Hulu.

Riko menjelaskan, sasaran prioritas operasi zebra 2018 diantaranya, pengendara melawan arus, penggunaan handphone saat berkendara, menggunakan narkoba atau minuman memabukan, berkendaraan melebihi kecepatan yang ditentukan.

"Kemudian kendaraan sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, pembonceng tidak menggunakan helm SNI, dan sabuk keselamatan,"ujarnya..

Sementara itu Wakapolres Kapuas Hulu Kompol Ricky mengatakan, gelar pasukan ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya. "Sehingga kegiatan Operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditentukan," katanya.

Wakapolres menjelaskan, pemerintah telah mengeluarkan PP No 37 Tahun 2017 tentang keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Semua itu kata Waka, merupakan langkah kepedulian negara untuk mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas

"Selanjutnya meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik," ujarnya.

Mencermati hal tersebut kata Ricky, seluruh stakeholder mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi, baik secara teknis maupun strategis.

"Agar potensi kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisir, sehingga tercipta Kamsertibcar Lantas untuk menindak lanjuti kebijakan Nawacita Persiden RI, yang dijabarkan dengan program Prioritas Kapolri yang disebut Perogram Promoter guna mewujudkan Kamseltibcar lantas yang lebih baik menyongsong Penghujung tahun 2018," ungkapnya.

Oleh karenanya, Wakapolres menyampaikan melalui operasi Zebra ini diharapkan bisa menekan angka laka lantas, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Masyarakat hendaknya mawas diri dan selalu sadar akan tertib berlalu lintas. Bawa selalu kelengkapan kendaraan bermotor, ini wajib dibawa pemilik kendaraan bermotor," pesannya.

Selama operasi Zebra berlangsung, Wakapolres juga tidak ingin ada peningkatan laka lantas. Oleh karenanya, masyarakat dihimbau berhati - hati.

Operasi zebra yang dijadwalkan 14 hari (30 Oktober - 12 November), Polres Kapuas Hulu menerjunkan sekitar 50 personil, kemudian di backup TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Samsat dan Jasa Raharja. (col)

Berita Terkait