Liga Champions; Data dan Fakta Duel Liverpool vs AS Roma

Liga Champions; Data dan Fakta Duel Liverpool vs AS Roma

  Selasa, 24 April 2018 12:58

Berita Terkait

Duel Liverpool melawan AS Roma terjadi di babak semifinal Liga Champions. Bentrokan pertama bakal diadakan di Anfield Stadium, Rabu (25/4) dini hari WIB.

Sebelumnya Liverpool sukses menyingkirkan tim sesama Inggris, Manchester City dengan keunggulan aggregat 5-1. Sedangkan Roma mampu mendepak Barcelona setelah dinyatakan unggul dalam hal produktivitas gol tandang.

Kini mereka akan adu kekuatan demi lolos ke laga final. Namun sebelum menyaksikan serunya laga nanti, ada baiknya menyimak sejumlah data dan fakta yang hadir dari kedua tim.

Berikut ulasannya:
1. Ini jadi pertemuan kesembilan antara Liverpool dan AS Roma. Dalam tiga bentrokan terakhir, Roma selalu memenangkan pertandingan. Namun hasil positif itu diraih I Lupi pada laga pramusim.

2. Liverpool belum pernah kalah ketika bertemu Roma di ajang Liga Champions atau Liga Europa. Dalam tiga kesempatan, mereka menang sekali dan imbang dua kali.

3. Bagi Liverpool, ini jadi penampilan ke-10 mereka di babak semifinal European Cup/Liga Champions. Dari sembilan kesempatan sebelumnya, The Reds berhasil lolos ke final sebanyak tujuh kali.

4. Untuk Roma, ini penampilan pertama mereka di semifinal kompetisi Eropa sejak 27 tahun terakhir.

5. Liverpool punya catatan buruk di semifinal kompetisi Eropa. Sejak 1985, mereka tujuh kali gagal memenangkan leg pertama. Sejauh ini Liverpool imbang tiga kali dan kalah empat kali.

6. Sadio Mane Cs jadi tim tersubur di Liga Champions musim ini dengan torehan 33 gol.

7. Roma punya sejarah buruk saat melakoni laga tandang di pentas Eropa. Dari 14 perjalanannya, lima laga berakhir imbang dan delapan lainnya berujung kekalahan. Roma hanya menang sekali yakni ketika bermain di markas Qarabag.

8. Roma hanya memenangkan satu laga dari 19 pertandingan tandang di Inggris. Sejauh ini skuad I Lupi sudah menelan 11 kekalahan dan tujuh hasil imbang.

9. Dari 33 gol Liverpool, 23 di antaranya dicetak oleh trio lini serang Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

10. Dari delapan gol Roma di Liga Champions, enam di antaranya melibatkan Edin Dzeko. Striker kebangsaan Bosnia-Herzegovina itu sudah membukukan lima gol plus satu assist.

11. Dzeko memiliki catatan lain jelang semifinal Liga Champions. Dari tiga penampilan terakhirnya di Anfield, Dzeko bisa menorehkan dua gol. Hal itu ia lakukan saat masih berseragam Manchester City.

12. Secara berturut-turut, Mohamed Salah selalu mencetak gol dalam empat penampilan Liverpool di Liga Champions. Jika mencetak gol di laga nanti, Salah akan menyamai Steven Gerrard yang mampu menjebol gawang lawan dalam lima laga beruntun.

13. Roma selalu kebobolan dalam 26 laga tandangnya di ajang Liga Champions.

(bep/JPC)

Berita Terkait