Liburan, Isi Kegiatan Bermanfaat

Liburan, Isi Kegiatan Bermanfaat

  Minggu, 19 June 2016 10:35
SUKA CITA: Seorang guru kelas di SD Negeri 10 Pontianak Timur saat membagikan rapor kenaikkan kelas kepada muridnya, Sabtu(18/6). Dinas Pendidikan Kota Pontianak memberikan jadwal libur sepanjang 18 Juni – 18 Juli. HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PONTIANAK – Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Mulyadi, mengatakan pembagian rapor pelajar sudah dilaksanakan Sabtu (18/6) di seluruh sekolah negeri di Kota Pontianak. Usai bagi rapor, dia menambahkan, para pelajar pun memasuki masa libur panjang, 18 Juni – 18 Juli. Ia mengimbau agar para pelajar, usai libur panjang, tak ada lagi yang menambah masa liburnya.

"Pembagian rapor berjalan lancar. Tak ada kendala apapun. Saya berharap libur panjang. Ini dimanfaatkan pelajar dengan kegiatan bermanfaat," ucapnya kepada Pontianak Post, Sabtu kemarin. Dikatakan Mulyadi, dengan diliburkannya para pelajar tersebut, maka tak ada lagi kegiatan belajar mengajar di sekolah selama masa libur. 

Bagi pelajar muslim, diharapkan dia, agar bisa memanfaatkan momentum Ramadan, dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain berpuasa, dia menganjurkan agar mengisi kekosongan dengan kegiatan keagamaan yang berdampak positif buat mereka. “Dengan begitu, pondasi agama tiap pelajar meningkat dan dapat jadi benteng diri mereka masing-masing,” ungkapnya.

Kepada orang tua murid, Mulyadi mengingatkan agar mengawasi kegiatan anak di waktu libur. Dia berharap agar jangan sampai kejadian tak diinginkan menimpa anak-anak tersebut, lantaran kurang pengawasan. "Saya minta orang tua awasi anak-anaknya. Jangan anak keluyuran orang tuanya tak tahu," tegasnya.

Perihal ini sendiri, dipastikan dia, sudah disampaikan oleh pihak sekolah sebelum rapor dibagikan. Pihak sekolah dimintakan dia agar menyampaikan kepada para orang tua murid, untuk melakukan pengawasan ketat. Bahkan kepolisian pun diharap dia dapat lakukan pengawasan bagi remaja yang berkeluyuran di waktu subuh. “Takutnya mereka melaksanakan balapan liar di titik-titik yang biasa dijadikan tempat balapan. Jika ada temuan, saya harap kepolisian dapat tindak tegas agar pelajar jera," pinta dia.

Terpisah, wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Firdaus Zar’in, berharap agar masa libur sekolah diisi dengan kegiatan bermanfaat. Melihat rentang waktu libur cukup lama, menurutnya, peran para orang tua merupakan yang utama. “Kalau bisa, orang tua dapat memberi kegiatan bermanfaat kepada anaknya. Seperti memberikan les tambahan. Jika pengawasan orang tua ketat, saya rasa tak akan ada kejadian yang tak diinginkan,” terangnya. (iza)

 

Berita Terkait