Libur Lebaran Usai, Sekda Sintang Sidak ke Kantor Dinas

Libur Lebaran Usai, Sekda Sintang Sidak ke Kantor Dinas

  Selasa, 11 June 2019 09:41

Berita Terkait

SINTANG – Masa cuti bersama dalam rangka hari raya Idulfitri 1440 H bagi aparatur negeri sipil (ASN) telah berakhir. Senin (10/6) kemarin seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang diwajibkan masuk kerja dan menjalankan tugas seperti biasa.

Berangkat dari itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si memimpin inspeksi mendadak kesejumlah kantor pelayanan masyarakat di Sintang. Ditemani asisten Sekda beserta kepala dinas lainnya, inspeksi dadakan dilakukan dengan menelusur kantor-kantor kedinasan.

Saat diwawancarai awak media, Sekda Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah menyatakan kepuasan dan apresiasinya atas tingkat kehadiran dan kepatuhan para ASN Sintang. Ia memuji para pimpinan OPD yang telah mengingatkan para pegawai untuk berlaku disiplin.

"Kami sudah meninjau di lima SPPD, dan akan melanjutkan kedua SPPD yang ada di kecamatan, yaitu di Kantor Camat Kelam Permai dan di Puskesmas Kebong," kata Yosepha. 

Menurutnya hasil peninjauan kali ini membuktikan aparatur sipil yang ada cukup disiplin. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala OPD yang telah berhasil memberikan himbauan kepada pegawainya untuk hadir pada hari pertama kita usai liburan idul Fitri.

“Namun jika ada ASN yang menambah libur tanpa alasan yang jelas, tentu ada sangsi yang menanti ya. Saya harapkan hari masuk kerja nanti sudah masuk semua. Jangan hanya karena takut sidak (inspeksi mendadak), tapi ya karena memang sudah kewajiban untuk aktif kembali,” tegasnya.

Menurut Sekda cuti bersama yang diberikan setelah Idulfitri ditambah hari libur sebelum Lebaran memang cukup lama sehingga tidak ada alasan bagi ASN untuk menambah libur. "Mengingat liburan yang cukup panjang, ada kekhawatiran kalau ada yang masih memperpanjang cuti. Namun dari tingkat kehadiran yang kami dapatkan terlihat bahwa Lampir 95% para pegawai itu hadir," ungkap Yosepha.

Ia juga menambahkan ada beberapa pegawai yang tidak hadir pada hari ini, itu pun dikarenakan sudah izin. Dan ada juga yang masih sakit serta masih dalam masa berkabung. "Sejauh ini tidak ada pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kepada Tuhan berapa ASN Sintang dalam melaksanakan himbauan dari Kemenpan RB ini," ucapnya lagi.

Kepala BKPSDM Sintang, Palentinus menegaskan pernyataan-pernyataan Yosepha sebelumnya. "Adanya edaran dari Kemenpan RB setiap tahun kita harus selalu melakukan inspeksi. Ini merupakan macam evaluasi bagi kita atas kinerja pegawai pegawai kita," kata pria yang akrab disapa Palen ini. 

Palen juga mengatakan bahwa dengan melihat secara langsung seperti ini kita menjadi tahu sejauh mana pegawai kita mematuhi aturan kepegawaian yang ada. "Dari hasil pantauan yang sudah kita lakukan di tingkat tingkat tingkat kehadiran pegawai nya sudah sangat baik. Dari tahun ke tahun terlihat adanya peningkatan kesadaran para pegawai untuk hadir pada hari pertama kerja usai liburan," tutur Palen lagi. (fds)

Berita Terkait