Lestarikan Adat Istiadat Juga Syukur Keberhasilan Panen

Lestarikan Adat Istiadat Juga Syukur Keberhasilan Panen

  Kamis, 30 May 2019 10:04
Kegiatan Gawai Naik Dango di Desa Engkangin pada Selasa (28/5) | ISTIMEWA

Berita Terkait

Melihat Gawai Naik Dango Desa Engkangin Air Besar

Selain digelar secara meriah tiap tahunnya, masyarakat Sub Suku Dayak Kenayatn ikut melaksanakan gawai, tiap menyambut panen di kecamatan masing-masing. Seperti di Desa Engkangin, Kecamatan Air Besar, masyarakat menggelar Gawai Adat Naik Dango, Selasa (28/5) lalu.

MIFTAHUL KHAIR, Air Besar

Gawai yang dilakukan ini hampir sama dengan daerah lain, yaitu sebagai bentuk ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan atas hasil panen padi yang diperoleh selama proses berladang. Sekaligus sebagai upaya pelestarian adat dan budaya yang diwariskan oleh leluhur mereka.

Kegiatan ini sebagai sebuah ungkapan syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas kelimpahan hasil pertanian. Kepala Desa Engkangi, Andri mengatakan bahwa kegiatan gawai Naik Dango di Desa nya penuh nuansa tradisional mengingat sekarang ini sudah sedikit anak muda yang melestarikan budaya tradisional Dayak Kanayatn. 

"Kegiatan Naik Dango ini bernuansa tradisional sebagai upaya untuk melestarikan budaya Adat tradisi Dayak," kata Kades Engkangin. 

Untuk mengisi acara gawai dayak ini diisi dengan berbagai kegiatan adat dan permainan tradisional seperti nari notok jonggan berimah dan pencak silat. Sebelum mengelar gawai terlebih dahulu dilakukan berbagai persiapan oleh panita dan masyarakat setempat. 

“Warga bergotong-royong menyiapkan panggung untuk hiburan termasuk setiap kepala keluarga harus menyumbang perlengkapan seperti beras termasuk unag untuk suksesnya acara gawai ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Air Besar Iptu Elfis Satria Efdi menyampaikan bahwa Kepolisian Sektor Air Besar Polres Landak sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini sebagai tanda kearifan lokal yang kuat dan Kapolsek menambahkan agar budaya dan tradisi ini terus di lestarikan. 

"Kegiatan ini sebagai tanda kearifan lokal yang kuat dan Kapolsek menambahkan agar budaya dan tradisi ini terus di lestarikan," tutur Kapolsek. (*)

Berita Terkait