Lelong Asal Malaysia Dibakar

Lelong Asal Malaysia Dibakar

  Kamis, 9 May 2019 09:36
BAKAR LELONG: Busana bekas (lelong) asal Jiran, Malaysia yang dibakar.

Berita Terkait

SANGGAU – Pakaian bekas dan sejenisnya yang berasal dari Malaysia pada Rabu (8/5) kemrin dimusnahkan oleh petugas Bea dan Cukai Entikong. Barang yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil penindakan yang terjadi di jalur tidak resmi di sekitar perbatasan dan juga PLBN Entikong.

Kepala Bea Cukai Entikong, Dwi Jogyastara mengatakan pemusnahan tersebut bagian dari tugas dan fungsi selaku community protector, melindungi masyarakat perbatasan dari masuknya barang-barang ilegal.

 “Kalau mengenai baju bekas dan sejenisnya ini dapat dilihat di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 51 yang menyatakannya sebagai barang larangan dan pembatasan yang perlakuannya harus dimusnahkan,” ungkapnya.

Pemusnahan tersebut juga sebagai wujud sinergisitas lintas instansi di perbatasan dalam pencegahan masuknya produk ilegal. 

“Barang-barang ini disita dari PLBN Entikong dan jalur tikus di sekitar perbatasan Kabupaten Sanggau,” ujarnya.

Wilayah perbatasan cukup rentan dengan masuknya produk bekas pakai seperti pakaian, sepatu maupun tas. Hal ini disebabkan produk bekas pakai di Malaysia dijual dengan harga murah. Produk bekas asal Malaysia ini akhirnya dimanfaatkan pedagang lokal untuk dijual kembali. 

 “Di sana (Malaysia,red) pakaian bekas dijual bebas, jadi masyarakat memanfaatkan kondisi itu dengan memasukkannya secara ilegal. Barang bukti penindakan yang dimusnahkan lebih kurang satu truk ini kurang lebih bernilai dua ratus juta,” jelasnya. (sgg)    

Berita Terkait