LBQI Kalbar Wakafkan 2.500 Al Quran se-Kalbar

LBQI Kalbar Wakafkan 2.500 Al Quran se-Kalbar

  Minggu, 27 May 2018 08:24
WAKAF ALQURAN: Pelaksanaan wakaf 2.500 Alquran di Gedung PCC oleh Lembaga Bayt Al Quran Indonesia (LBQI) Kalimantan Barat, kemarin. MIRZA A MUIN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Dari Wakaf Ini, Ciptakan Masyarakat Islam Qurani

Lembaga Bayt Al Quran Indonesia (LBQI) Kalimantan Barat menggelar wakaf akbar 2.500 Alquran se-Kalimantan Barat (Kalbar). Pelaksanaan wakaf akbar yang digelar di Pontianak Convention Center (PCC), Sabtu (26/5) kemarin merupakan gelaran wakaf akbar ketiga.

MIRZA AHMAD MUIN, Pontianak

LANTUNAN lafaz Alquran menggema di ruang Pontianak Convention Center (PCC), Sabtu (26/5) pagi. Pada hari itu, pantauan Pontianak Post ribuan masyarakat memenuhi ruangan bekas gedung Arena Remaja tersebut, guna menghadiri kegiatan wakaf akbar 2.500 Alquran se-Kalbar.

Masuk dalam ruang PCC, mata seketika takjub melihat ratusan kitab suci Alquran yang bakal diwakafkan pada masyarakat. Para tamu yang hadir di sana, saat pembacaan ayat suci Alquran juga begitu khusyuk. Suasana religi begitu kental terasa hingga jiwa. Selain pembacaan ayat suci Alquran, beberapa penampilan dari kelompok tahfiz juga membuat suasana acara itu semakin meriah.

Usai pembacaan Alquran, Pengurus LBQI Indonesia Kalbar, Syafaruddin menjelaskan, bahwa kegiatan wakaf Alquran ini masuk tahun ketiga. "Pelaksanaannya ini sudah tahun ketiga. Alhamdulillah wakaf Alquran dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat," katanya kepada awak media.

Dijelaskan dia, pada pelaksanaan wakaf Alquran di tahun pertama, pihaknya berhasil mengumpulkan seribu Alquran, kemudian tahun kedua 1.500 Alquran, dan tahun ini peningkatannya cukup tinggi, yaitu 2.500 Alquran. Bahkan dari laporan panitia lain, jumlahnya melewati angka ini, yaitu mencapai 2.900 Alquran.

Pembagian Alquran ini, lanjut dia, diberikan pada perwakilan LBQI di 14 kabupaten/kota di Kalbar. Mengenai penyerahan dan sasarannya, maka pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada masing-masing perwakilan yang sudah ditunjuk ini.

Ribuan Al Quran ini, kata dia, selain anggarannya dibeli dari uang pengurus, donatur juga ikut bersumbangsih. "Alhamdulillah para donasi antusias," ungkapnya.

Di tahun ini, pihaknya juga memberikan 300 Alquran pada anak yatim piatu. Dia berharap apa yang dilakukan ini membawa berkah bagi semuanya. Dia juga berharap dengan adanya wakaf Alquran tiap tahunnya, masyarakat Pontianak dan Kalbar sehari-hari menjalani kehidupan bisa berbasis Quran. 

Di tahun depan, dia berencana menjadikan wakaf Al Quran dilakukan kembali. Target mereka tentu lebih dari ini. "Target wakaf Quran tahun depan 3500-5000 Al Quran," ucapnya optimis. (*)

Berita Terkait