Langgar Aturan Tetap Ditilang

Langgar Aturan Tetap Ditilang

  Senin, 20 May 2019 10:33
LANGGAR LALIN: Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Singkawang menemukan dan menangkap tangan seorang pengendara truck yang membawa Kontainer (Box) dengan kecepatan tinggi menerobos lampu merah (trafic light) tepatnya di Jalan Alianyang Singkawang. ISTIMEWA

Berita Terkait

SINGKAWANG -- Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Syaiful Bahri mengimbau kepada masyarakat selaku pengguna jalan, agar selalu berhati-hati dalam berkendara. 

"Utamakan keselamatan dengan mematuhi aturan lalu lintas maupun rambu yang ada dan jangan ugal-ugalan di jalan raya. Karena setiap pelanggaran yang ditemukan, tentunya akan kami tindak tegas dengan tilang," kata Syaiful, Minggu. 

Beberapa hari kemarin, anggota Satuan Lalu Lintas Polres Singkawang menemukan dan menangkap tangan seorang pengendara truck yang membawa Kontainer (Box) dengan kecepatan tinggi menerobos lampu merah (trafic light) tepatnya di Jalan Alianyang Singkawang. "Terhadap temuan tersebut, pihaknya sudah memberikan penindakan berupa tilang," ujarnya. 

Menurutnya, pelanggaran tersebut merupakan pelanggaran yang dapat membahayakan para pengguna jalan lainnya yang sama-sama memiliki hak maupun kepentingan di jalan raya. "Pada saat dilakukan pemeriksaan, supir truck tersebut beralasan buru-buru dan sedang mengikuti pengendara sepeda motor yang berada di depannya sebagai penunjuk arah untuk bongkar muatan yang dibawanya. Sehingga tidak konsentrasi memperhatikan lampu merah sudah menyala," ungkapnya.

Pelanggaran tersebut, tidak bisa ditolerir sebab sangat membahayakan pengguna jalan lainnya. "Tentunya kami tindak," tegasnya. 

Syaiful menambahkan, beberapa waktu lalu pihaknya telah selesai melaksanakan Operasi Keselamatan Kapuas 2019. "saat ini dilanjutkan dengan kegiatan rutin karena tidak lama lagi akan dilaksanakan Operasi Ketupat Kapuas 2019 yaitu pengamanan lebaran 2019," jelasnya.

Di bulan suci Ramadan 1440 H tahun ini, hasil pemantauan pihaknya bahwa arus lalu lintas cukup meningkat khususnya di sore hari, dimana masyarakat banyak yang akan memenuhi kebutuhan saat menjelang berbuka puasa. 

Setiap tahunnya, menjelang lebaran arus lalu lintas juga meningkat dimana peningkatan arus lalu lintas tersebut sangat berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. 

Dia mengatakan, agar keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dapat tercapai, tentunya Satlantas Polres Singkawang juga akan melaksanakan kegiatan yang bersifat preemtif, preventif dan refresif atau penegakkan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas.

"Saat ini juga kami lagi gencar melakukan penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas yang berpotensi laka lantas seperti, anak dibawah umur yang menggunakan kendaraan bermotor, tidak menggunakan helm SNI, menggunakan handphone saat berkendara, tidak menggunakan safety belt, berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan, berkendara pengaruh minuman beralkohol serta melawan arus lalu lintas (melanggar Rambu)," tuturnya. (har)

Berita Terkait