LAN Dorong Pemkot Bikin Perda Narkoba

LAN Dorong Pemkot Bikin Perda Narkoba

  Senin, 18 March 2019 09:18
Vijay Khan

Berita Terkait

SINGKAWANG -- Lembaga Anti Narkoba (LAN) kota Singkawang mendorong pemerintah kota Singkawang untuk membuat peraturan daerah (Perda) terkait masalah Narkoba.

“Hal ini demi mempertegas sikap Pemkot dalam pemberantasan Narkoba di Singkawang serta payung hukum demi langkah Pemkot memberantas Narkoba itu sendiri,” ungkap Ketua DPC Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kota Singkawang, Jayadi Matsyah kepada koran ini kemarin.

Ia mengatakan DPC LAN Singkawang yang baru diresmikan ini siap menjadi mintra Pemkot dan lembaga lainya dalam rangka pemberantasan Narkoba di kota Singkawang.

Perda masalah Narkoba ini, kata dia, perlu mengingat peredaran Narkoba di Singkawang memang sudah memperihatinkan. “Seperti kita ketahui sebahagian aksi kejahatan di kota Singkawang ini diduga bermotif Narkoba, misalkan pencurian terhadap sesuatu oleh pelaku demi membeli Narkoba,” katanya.

Bahkan jika dilihat di media massa khususnya kota Singkawang, kata dia, banyak juga penangkapan Narkoba di Singkawang ini. “Artinya dalam kurun waktu singkat pasti ada oknum warga yang tertangkap Narkoba,” kata Vijay Khan sapaan akrabnya ini.

Apalagi, kata dia, kota Singkawang ini merupakan wilayah pelintasan dari perbatasan baik dari perbatasan di Kabupaten Sambas maupu dari Kabupaten Bengkayang. “Kita harapkan Pemkot dan DPRD Singkawang bersama sama mendorong lahirnya Perda Narkoba ini sehingga penanganganan pencegahan dan pemberantasan Narkoba lebih maksimal lagi,” harapnya.

LAN Singkawang sendiri, kata dia, akan terus melakukan edukasi terutama pemahaman apa dan bahaya Narkoba itu sendiri. “Sasarannya masyarakat langsung dan dunia pendidikan seperti anak anak sekolah di sekolah, dengan cara penyuluhan dan sosialisasi bahaya Narkoba,” katanya.

Kegiatan kegiatan ini, lanjut Vijay Khan, harus terus dilakukan agar masyarakat memahami bahaya Narkoba. “Tentu kita tidak ingin lebih banyak lagi generasi muda kita, anak anak kita menjadi pengguna, korban Narkoba,” katanya. (har)

Berita Terkait