Laka Tunggal di Desa Sejahtera

Laka Tunggal di Desa Sejahtera

  Kamis, 21 January 2016 11:13
EVAKUASI: Sejumlah warga bersama petugas berupaya mengevakuasi pikap berbobot besar yang mengalami kecelakaan tunggal terperosok keluar dari bahu jalan di Jalan Tanah Merah Desa Sejahtera, Sukadana. DANANG PARSETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Kembali terjadi kecelakaan (laka) tunggal terhadap pikap berjenis Toyota Hiluk yang menabrak tiang penerangan jalan umum (PJU) hingga terperosok dan keluar dari bahu jalan. Laka tersebut berlangsung di Jalan Tanah Merah, Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, Selasa (19/1) kemarin. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa kendaraan yang membawa tiga awak tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penyebab terjadinya laka tunggal tersebut lantaran setir mobil mendadak mengelami kerusakan dan tidak berfungsi. Kejadian tersebut berlangsung saat akan melintasi tikungan yang berada di Jalan Tanah Merah.Berdasarkan keterangan dari saksi mata, Amit (55), saat itu kendaraan tersebut mendadak kehilangan kendali ketika akan melewati tikungan. Amit sendiri saat kejadian, tepat berada tepat di belakang pikap. Bahkan dirinya pun berupaya untuk menghindar.  

“Saya tepat berada di belakang mobil itu (pikap, Red). Saat itu saya dari pantai yang akan menuju pasar. Mobil itu tidak laju. Karena saya memang benar-benar pas di belakangnya. Saya lihat mobil itu mulai aneh arahnya, mengarah ke parit. Saya pun berusaha untuk menghindar. Yang akhirnya mobil tersebut masuk ke dalam parit. Terlebih dahulu menghantam tiang lampu itu,” terang orang yang bermukim di kawasan Pantai Pulau Datok.

Beruntung, menurut dia, ketika itu kendaraan roda empat tersebut tidak melaju kencang. “Selang beberapa menit kemudian, mobil tersebut berhasil ditarik dengan menggunakan pikap yang memang tengah melintas di lokasi itu,” kata Amit, ketika diwawancarai dilokasi kejadian.Terpisah, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sukadana melalui Kepala Satuan Unit (Kanit) Lantas, Aiptu Dharmayudin, membenarkan informasi mengenai laka tunggal tersebut. Berdasarkan keterangan yang mereka kumpulkan, laka tersebut dimulai dari kerusakan pada bagian setir mobil tersebut. Akibatnya, menurut dia, sopir pun kehilangan kendali saat melintasi tikungan, yang memang cukup tajam.

“Kejadian ini murni laka tunggal. Dan tidak ada korban jiwa terhadap tiga penumpang yang berada di dalam pikap tersebut. Termaksud si sopir. Namun saja, atas peristiwa ini, tiang peneragan jalan umum tumbang akibat tertabrak dan akhirnya terjatuh dari bahu jalan,” terang Dharmayudin.Mengenai hal ini, dia pun mengimbau kepada para pengguna kendaraan, agar sebaikanya ketika melintasi jalan tersebut berhati-hati. Terlebih, diakui dia jika ruas jalan tersebut memang sangat rawan terjadinya laka. “Ditambah kondisi tikungan yang cukup tajam,” tutupnya. (dan)

Berita Terkait