Lagi Ribuan Butir Telur Negeri Jiran Ditahan

Lagi Ribuan Butir Telur Negeri Jiran Ditahan

  Senin, 20 May 2019 10:33
LEGAL. Kepolisian ketika menyita telur dari Malaysia yang sengaja dibawa melalui jalur tikus untuk menghindari pemeriksaan petugas. (istimewa)

Berita Terkait

 

Masuk via Jalur Tikus PLBN

SANGGAU – Kepolisian Sektor Entikong menyita ribuan butir telur ayam yang dibawa menggunakan jasa pikul perorangan. Telur tersebut akan dibawa masuk ke wilayah Entikong (Indonesia) melalui jalur tidak resmi atau jalan tikus yang berada di sekitar PLBN. Pengungkapan yang dilakukan oleh anggota polsek dan polres pada Sabtu (18/5) kemarin dilakukan di sisi kiri PLBN di Entikong. Jalur tersebut memang kerap digunakan oleh perorangan atau kelompok yang tidak mau memasukkan barang melalui jalur resmi yang ada di PLBN.

Kasubsektor Polsek Entikong, Ipda Nursalim mengatakan bahwa barang ilegal berupa telur ayam tersebut sebanyak 9 ikat dengan total seluruhnya sebanyak 54 krat atau setara 1.620 butir yang berasal dari Malaysia.

Untuk pemeriksaan lanjutan, telur-telur tersebut langsung dibawa ke Polsek Entikong. Menjelang hari raya keagamaan seperti idulfitri misalnya, aktivitas ilegal di perbatasan biasanya cenderung meningkat.

Menurutnya, banyak sekali barang-barang ilegal masuk ke Indonesia melalui jalur tidak resmi maka dari itu Polsek Entikong terus mengadakan razia barang ilegal. Apabila dibiarkan akan sangat merugikan perekonomian masyarakat di perbatasan sendiri termasuk kerugian negara.

Sebelumnya, pihak TNI juga melakukan penyitaan terhadap sejumlah barang ilegal berupa telur dengan total 1.080 butir yang dibawa dengan menggunakan sepeda motor. Selain telur barang lainnya berupa sosis, produk perikanan dan pertanian tidak jarang juga disita karena tidak memiliki kelengkapan dokumen-dokumen resmi. (sgg)

Berita Terkait