Kuliner Nusantara Kaya Rasa

Kuliner Nusantara Kaya Rasa

  Kamis, 16 May 2019 09:34

Berita Terkait

Masakan nusantara selalu mendapat tempat di lidah pecinta kuliner Indonesia. Walaupun terlihat sederhana, tetapi kaya rasa. Rasa rempah begitu kuat dan aromanya menggoda.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Masakan kaya rempah mampu membangkitkan selera makan. Tak heran, masakan nusantara menjadi pilihan Chef Aston Pontianak & Convention Centre, Chef Zikhwan. Sajiannya terasa istimewa. Ayam Taliwang, Pindang Telur, dan Udang Cabe Garam.

Ayam Taliwang

Kuliner khas Lombok ini memiliki rasa yang kuat. Biasanya Ayam Taliwang diolah dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, garam, dan bumbu lainnya. Namun, Chef Zikhwan menambahkan bumbu kuning yang semakin mempertajam kelezatan Ayam Taliwang. Ayam Taliwang terasa spesial  dilengkapi saus dari rempah-rempah yang dilumuri sebelum proses pembakaran berlangsung. Rasa bumbu meresap di dalam daging ayam. Terasa nikmat saat disantap bersama nasi putih hangat.

Pindang Telur

Pindang telur seringkali jadi sajian pelengkap saat menyantap gudeg, makanan khas Yogyakarta. Tak hanya terlihat menarik karena berwarna hitam kecoklatan. Pindang telur juga memiliki cita rasa lezat. Manis dan gurih. Aromanya begitu terasa. Telur direbus bersama kuah yang diolah dari campuran kecap manis, bunga lawang, dan kayu manis.

Udang Cabe Garam

Chef Zikhwan menyajikan udang ini dengan cita rasa berbeda. Tepung bumbu yang digunakan bukan tepung biasa, melainkan tepung yang telah ditambahkan mentega dan baking powder. Setelah menyatu, tepung dicampur dengan air hingga mengental dan jangan lupa masukkan daging udang ke dalamnya. Kemudian daging udang digoreng hingga kuning keemasan. Tak lupa di bagian akhir, daging udang dibaluri dengan garam, cabe powder, dan irisan cabe. Rasa pedas dan asin menyatu dalam renyahnya daging udang. **

Berita Terkait