KPU Tetapkan Erlina-M Pagi Pemenang Pilkada

KPU Tetapkan Erlina-M Pagi Pemenang Pilkada

  Kamis, 26 July 2018 10:47
DITETAPKAN: Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH-H Muhammad Pagi menerima SK penetapan dari Ketua KPU Mempawah. WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Membangun Tanpa Membedakan

MEMPAWAH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah menggelar rapat pleno penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Terpilih hasil Pilkada Serentak 2018, Rabu (25/7) sekitar pukul 14.00 WIB di Wisata Nusantara Mempawah. Pasangan nomor urut 3, Paslon Hj Erlina-H Muhammad Pagi ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mempawah terpilih.

“Rapat pleno penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Terpilih ini berdasarkan pada PKPU nomor 9 tahun 2018 tentang rekapitulasi perhitungan suara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Mempawah 2018,” terang Ketua KPU Mempawah, Muhammad Agus Susanto.

Pada pasal 52, terang Agus, KPU Kabupaten akan menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam rapat pleno yang dihadiri calon bupati dan wakil bupati, pimpinan partai politik dan panwaslu kabupaten. Kemudian, ayat (5) menyebutkan, penetapan yang dimaksud paling lama 3 hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) melakukan registrasi perkara.

“Saat ini, kami sudah mendapatkan surat dari MK nomor : 14/PAN.MK/VII/2018 tentang permintaan data hasil rekapitulasi Pilkada 2018 di Kabupaten Mempawah. Serta, surat KPU RI nomor 39 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tanpa adanya gugatan di MK,” tuturnya.

Agus menjelaskan, dalam pelaksanaan rapat pleno tersebut maka KPU mengundang seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati, partai politik, panwaslu dan pihak terkait lainnya untuk menyaksikan dan menghadiri penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih.

“Namun yang hadir pasangan calon terpilih didampingi parpol pengusungnya. Namun, ketidakhadiran itu tidak mempengaruhi pelaksanaan rapat pleno penetapan paslon terpilih,” tegas Agus.

Selanjutnya, imbuh Agus, SK dan BA penetapan ini akan kami sampaikan kepada DPRD Kabupaten Mempawah paling lambat satu hari setelah penetapan. “Besok (hari ini), SK dan BA kami sampaikan kepada DPRD untuk ditindaklanjuti ke Gubernur dan Mendagri untuk dilangsungkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah terpilih,” paparnya.

Sementara itu, Calon Bupati Mempawah terpilih, Hj Erlina, SH, MH mengaku telah mempersiapkan diri untuk memulai kinerjanya usai dilantik pada 14 April 2019 mendatang. Target utamanya yakni memaksimalkan 100 hari pertama masa kerjanya bersama Wakil Bupati, H Muhamad Pagi.

“Kami masih memiliki waktu beberapa bulan kedepan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum dilantik. Jika tidak ada perubahan jadwal, kami akan dilantik pada 14 April 2019,” sebut Erlina.

Mantan Pejabat Kejati Kalbar ini tak lupa mengucapkan terimakasih kepada partai koalisi, tim sukses, simpatisan dan pendukung PERIMA maupun masyarakat yang belum mendukungnya di Pilkada lalu.

“Mari kita lupakan Pilkada. Jangan lagi ada sekat-sekat atau perbedaan di masyarakat. Sudah saatnya masyarakat bersatu dan bekerjasama membangun daerah sesuai bidang kemampuannya masing-masing. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkontribusi memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Mempawah,” seru Erlina bersahaja.

Istri Calon Wakil Gubernur Kalbar terpilih ini juga berjanji akan bekerja maksimal untuk daerah dan masyarakat Kabupaten Mempawah. Erlina memastikan dirinya akan memberikan pemerataan pembangunan dan pelayanan publik untuk seluruh masyarakat.

“Kami tidak akan membeda-bedakan kelompok masyarakat, baik yang mendukung atau tidak. Semua masyarakat berhak menikmati pelayanan dan mendapatkan pembangunan. Kami merangkul seluruh komponen masyarakat tanpa membedakan suku, agama maupun golongan,” tegasnya.

Senada itu, Calon Wakil Bupati Mempawah terpilih, H Muhammad Pagi menyebut dirinya akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Bupati Mempawah yang saat ini masih menjabat. Tujuannya untuk mendapatkan petunjuk guna menyelaraskan program kerja dalam masa transisi pergantian pucuk pimpinan Pemerintahan Kabupaten Mempawah.

“Untuk tahun pertama setelah dilantik, kami akan merealisasikan APBD yang telah disusun pada tahun 2018 ini. Kita akan maksimalkan program-program strategis di masyarakat. Setelah itu, kita lakukan evaluasi dan mempersiapkan program kerja di tahun kedua sesuai visi misi dan janji politik pada saat kampanye,” tuturnya.

Mantan Kabag Kesra Pemkab Mempawah ini mengatakan, dirinya masih memiliki waktu beberapa bulan kedepan untuk mempersiapkan diri melakukan transisi kepemimpinan. Dirinya pun akan selalu berkoordinasi dan berkomunikasi bersama Ibu Bupati, Erlina menyusun konsep kerja yang sistematis, efektif dan efisien.

“Pada tahun kedua, barulah murni melakukan penyusunan anggaran berdasarkan pada rencana pengelolaan yang kami siapkan sesuai dengan program kerja yang telah disiapkan. Beberapa bulan kedepan, kita akan mempelajari aturan dan mekanisme untuk persiapan kerja setelah dilantik,” pungkasnya.(wah)

Berita Terkait