KPU Tambah Sembilan TPS

KPU Tambah Sembilan TPS

  Kamis, 21 March 2019 09:59
SIAP GELAR PEMILU: Komisioner KPU Kabupaten Ketapang siap menggelar pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan berlangsung pada 17 April mendatang. PAGE FACEBOOK KARTONO NURYADI

KETAPANG – Bertambahnya pemilih pindahan, khususnya yang masuk menjadi daftar pemilih tambahan (DPTb) pada tahap dua ini membuat tempat pemungutan suara (TPS) juga ikut bertambah. Penambahan TPS ini menyebar di kecamatan yang terdapat perusahaan perkebunan dan pertambangan hingga mencapai sembilan.

"Total penambahannya sebanyak 9 TPS," kata Tedi Wahyudin, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang, kemarin (20/3) di Ketapang. Dia menjelaskan, penambahan tersebut ketika jumlah DPTb tahap dua ini menjadi cukup signifikan. Hal ini, menurut dia, terjadi karena pemilih pindahan tersebut tidak bisa lagi disisipkan di TPS yang berada di sekitar perusahaan. 

Tedi mengatakan penambahan TPS ini terdapat di sejumlah kecamatan. Di antaranya, sebut dia, di Kecamatan Delta Pawan, Kendawangan, Marau, Air Upas, dan Kecamatan Sungai Melayu Rayak. Untuk di Delta Pawan, sebut dia, penambahan dilakukan di Lapas Kelas II B Ketapang. Di Kendawangan, diungkapkan dia, penambahan TPS dilakukan di Desa Kedondong, Seriam, Bankal Serai, Banjar Sari, dan Mekar Utama. Sementara di Marau, dia menambahkan, ada penambatan TPS di Desa Belaban, di Air Upas di Desa Gahang, dan di Kecamatan Sungai Melayu Rayak di Desa Makmur Abadi. 

Dia menjelaskan, sejak pengurusan formulir A.5-KPU atau formulir pindah memilih ini ditutup pada 17 Maret, banyak penduduk yang datang untuk meminta surat pindah memilih.  "Kita telah melakukan rapat pleno terbuka untuk penetapan DPTb tahap dua ini pada tanggal 20 Maret 2019," ungkapnya. "Dari hasil rapat pleno tersebut tercatat sebanyak 579 pemilih tambahan yang masuk dan mengurus formulir A.5-KPU di daerah asal  dan sebanyak 3.189  pemilih tambahan yang masuk dan formulir A.5-KPU-nya dikeluarkan oleh KPU Ketapang," tambah Tedi.

Selain pemilih yang masuk, diakui dia, juga terdapat juga pemilih yang keluar. Dia menambahkan, terdapat 230 pemilih yang keluar dan formulir A.5-nya dikeluarkan oleh KPU Ketapang. Pemilih keluar yang mengurus formulir pindah milihnya di daerah tujuan, disebutkan dia, sebanyak 1.755. Untuk mengakomodir jumlah pemilih tambahan ini, mereka melakukan penambahan sebanyak sembilan TPS yang menyebar di sembilan desa/kelurahan di lima kecamatan.

Dia menegaskan, dengan ditetapkannya DPTb tahap dua ini berarti tidak ada lagi proses pengurusan formulir pindah memilih, yang dilakukan oleh KPU Ketapang, karena prosesnya sudah selesai. "Semua DPTb tersebut juga sudah masuk dan dipetakan ke dalam TPS," pungkasnya. (afi)