KPU Gelar Pleno Rekapitulasi Suara

KPU Gelar Pleno Rekapitulasi Suara

  Jumat, 6 July 2018 10:00
REKAPITULASI : para saksi dan perwakilan Paslon Bupati dan Wakil Bupati menandatangani BA rekapitulasi KPU. WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Erlina-M Pagi Menangi Pilkada 

MEMPAWAH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah menggelar rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pilkada Serentak 2018, Kamis (5/7) pagi di Motel Jumbo Sungai Pinyuh. Hasilnya, Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah nomor urut 3 Erlina-Muhammad Pagi (PERIMA) tampil sebagai pemenang dengan perolehan 54. 946 suara.

Hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Mempawah mengungkapkan, PERIMA unggul telak dari tiga kompetitor lainnya. Yakni, Paslon Nomor 1 Syech Bandar-Hermanto Lim memperoleh 17.054 suara, Paslon Nomor 2 Rahmad Satria-Ridwan Rusli mendapatkan 23.713 dan Paslon Nomor 4 Rudhy Bachtiar-Mochrizal dengan perolehan 30.232 suara masyarakat Kabupaten Mempawah.

“Ada pun total suara sah sebanyak 131.944 dan suara tidak sah 4.228 dengan total partisipasi pemilih di Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mempawah sebanyak 136.172 pemilih,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Mempawah, Kusnandi, SE, M.Si saat memimpin rapat pleno yang dihadiri Paslon Bupati dan Wakil Bupati, LO, Parpol Koalisi, PPK, Panwaslu, Panwascam beserta jajaran Muspida Kabupaten Mempawah.

Perwakilan Paslon Nomor Urut 1, H Hasan Zulkifli memberikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Mempawah beserta seluruh jajarannya yang telah sukses melaksanakan Pilkada Serentak 2018. “Secara keseluruhan, kami melihat proses Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mempawah telah terselenggara dengan baik sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” pendapat Hasan Zulkifli.

Atas penilaian itu pula, Ketua DPC PKB Kabupaten Mempawah ini mengatakan pihaknya dapat menerima hasil rekapitulasi perhitungan suara yang dilaksanakan KPU Kabupaten Mempawah pada penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018. “Kami dapat menerima hasil rapat pleno rekapituliasi ini,” ucapnya.

Senada itu, Perwakilan Paslon Nomor Urut 3, Junaidi menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran penyelenggara Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mempawah. Mulai dari KPU, PPK, PPS dan KPPS serta Panwaslu beserta seluruh jajarannya. “Maka kerja keras dan kerja sama semua pihak ini perlu kita apresiasi bersama,” pendapat Junaidi.

Junaidi menyebut, hasil rekapitulasi yang menempatkan Perima sebagai pemenang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Mempawah 2018 merupakan kemenangan seluruh masyarakat Kabupaten Mempawah.

“Kemenangan PERIMA bukan hanya menjadi kemenangan pribadi dan kelompok atau parpol tertentu saja, melainkan kemenangan kita bersama seluruh masyarakat Kabupaten Mempawah,” tegas Junaidi sembari mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak pengamanan yang telah menciptakan keamanan di Pilkada Serentak 2018.

Sementara itu, Perwakilan Paslon Nomor 4, Alex Chandra memberikan apresiasi atas pelayanan yang telah diberikan KPU Kabupaten Mempawah beserta jajarannya dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018. “Kami cukup puas dengan pelayanan dari KPU dan Panwaslu Kabupaten Mempawah. Kita telah bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mempawah. Apapun hasil Pilkada Mempawah merupakan pilihan masyarakat Kabupaten Mempawah,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu pula, Alex menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah beserta tim sukses. Sebab, selama kompetisi Pilkada Serentak 2018 berlangsung banyak perbedaan pandangan dan pendapat antar paslon dan tim sukses.

“Saya berharap kita semua dapat melupakan perbedaan yang lalu dan kita bersama mengawal Bupati dan Wakil Bupati Mempawah terpilih untuk merealisasikan seluruh program kerjanya untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mempawah,” harapnya.

Di lain pihak, Asisten I Setda Pemerintah Kabupaten Mempawah, Juli Suryadi atas nama Pemerintah Kabupaten Mempawah mengucapkan selamat dan terima kasih kepada KPU beserta jajaran yang telah sukses melaksanakan pesta demokrasi Pilkada Serentak 2018 dengan tertib, aman dan demokratis.

“Terima kasih pula kepada jajaran Polres Mempawah dan Kodim 1201/Mph yang telah bersusah payah bekerja keras selama beberapa bulan terakhir ini guna mensukseskan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mempawah,” ucapnya.

“Semoga, keberhasilan ini menjadi pengalaman penting bagi kita semua untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang lebih besar dimasa akan datang. Maka keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras bersama seluruh komponen dan elemen masyarakat Kabupaten Mempawah,” tukasnya

Selain Pilkada Mempawah, KPU juga melaksanakan rekapitulasi perhitungan suara Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar. Hasilnya, Paslon nomor 3 Sutarmidji-Ria Norsan tampil sebagai pemenang dengan raihan 89. 773 suara, disusul Paslon nomor 2 Karoline-Gidot 38.717 suara dan Paslon nomor 1 mendapatkan 89.773 suara.(wah)

Berita Terkait