KPU Ajak Pemilih Tolak Politik Uang

KPU Ajak Pemilih Tolak Politik Uang

  Selasa, 9 April 2019 10:51
MEMILIH SEHAT: Ribuan peserta KPU Run di Kabupaten Mempawah.

Berita Terkait

MEMPAWAH- Menjelang pemungutan suara Pemilu 2019 tanggal 17 April, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah gencar melaksanakan sosialisasi di masyarakat. Dalam berbagai kesempatan, KPU menerangkan tentang mekanisme pencoblosan sekaligus mengajak masyarakat untuk menolak segala bentuk politik uang.

“Kita semua harus sepakat untuk menghindari segala macam praktek politik uang di Pemilu 2019 ini. Karena, praktek politik uang hanya akan menurunkan kualitas demokrasi di masyarakat,” tegas Ketua KPU Kabupaten Mempawah, M Agoes Soesanto pada kegiatan KPU Run di Komplek GOR Opu Daeng Menambon Mempawah, Minggu (7/4) pagi.

Dihadapan ribuan masyarakat peserta kegiatan KPU Run, Agoes mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan antusias warga Kota Mempawah dan sekitarnya. Agoes menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan serentak oleh seluruh jajaran KPU se-nasional.

“Bukan hanya melaksanakan KPU Run, kami juga mensosialisasikan hal-hal yang perlu diketahui masyarakat pemilih pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 pada tanggal 17 April nanti,” tuturnya.

Karena itu, dia berharap masyarakat yang telah memiliki hak pilih hendaknya telah mengetahui prosedur dan mekanisme proses pemungutan suara di TPS. Termasuk pula mengetahui jenis-jenis surat suara yang nanti akan dipilih.

“Pada saat pemungutan suara nanti, masyarakat pemilih akan mendapatkan lima jenis surat suara. Yakni Presiden dan Wakil Presiden, Calon Anggota DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi Kalbar dan DPRD Kabupaten Mempawah,” paparnya.

Untuk warnanya, imbuh Agoes, kertas suara calon presiden berwarna abu-abu, sedangkan DPR-RI berwarna kuning, DPD berwarna merah, DPRD Provinsi berwarna biru dan DPRD kabupaten berwarna hijau. “Jadi, para pemilih harus memahami warna-wana kertas surat suara ini. Agar tidak salah dalam melaksanakan pencoblosan,” pesannya.

Kemudian, lanjut Agoes, Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuka sejak pukul 07.00-13.00 WIB. Saat berada di TPS, pemilih harus membawa formulir C6 dan dilampiri dengan kartu identitas lainnya.

“Untuk mempermudah pemilih dalam mengecek informasi tentang Pemilu 2019 termasuk hasilnya, maka KPU-RI sudah meluncurkan aplikasi KPU-RI Pemilu 2019. Di aplikasi ini, juga disampaikan tentang jenis informasi hoax dan ujaran kebencian yang harus dihindari masyarakat,” tukasnya.

Ribuan masyarakat Kota Mempawah berpartisipasi dalam kegiatan KPU Run. Peserta berjalan kaki dari lokasi start Komplek GOR Opu Daeng Menambon Mempawah menuju ke Jalan Boyan, Pulau Pedalaman, Jalan Adiwijaya, Jalan Desa Antibar dan kembali ke lokasi semula. Peserta yang beruntung akan membawa pulang sejumlah hadiah yang telah disiapkan KPU Kabupaten Mempawah. (wah)

Berita Terkait