KPP Pratama Singkawang Gelar Tax Gathering Lewat Dialog Perpajakan

KPP Pratama Singkawang Gelar Tax Gathering Lewat Dialog Perpajakan

  Jumat, 22 March 2019 09:35
RAMAH TAMAH: KPP Pratama Singkawang mengadakan acara Tax Gathering Tahun 2019, Rabu (20/3) yang dimulai pukul 18.00 WIB dengan didahului ramah tamah sekaligus gala dinner di aula Grand Ball Room Hotel Swiss Belinn Kota Singkawang. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

SINGKAWANG— KPP Pratama Singkawang mengadakan acara Tax Gathering Tahun 2019, Rabu (20/3) yang dimulai pukul 18.00 WIB dengan didahului ramah tamah sekaligus gala dinner di aula Grand Ball Room Hotel Swiss Belinn Kota Singkawang. Tax Gathering Tahun 2019 digelar dengan maksud dan bertujuan untuk membangun komunikasi antara Wajib Pajak yang dalam hal ini diikuti oleh para Wajib Pajak Prioritas di KPP Pratama Singkawang dengan pihak petugas pajak KPP Pratama Singkawang.

Acara yang dikemas dalam nuansa yang sedikit berbeda dengan beberapa acara yang pernah dilakukan oleh KPP Pratama Singkawang selama ini memberikan suasana yang lebih akrab dan lebih dekat secara emosional antara Wajib Pajak dengan petugas pajak KPP Pratama Singkawang sehingga diharapkan akan terbangun pola hubungan harmonis antara Wajib Pajak dan petugas pajak.

Dengan narasumber Kepala KPP Pratama Singkawang, Anung setia Nugraha dan wajib Pajak yang diwakili oleh Tetiono dan Suyono Adisaputra. Kantor Pelayanan Pajak, salah satu tugasnya memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak dan memberikan pengawasan atau supervise kepada Wajib Pajak di satu sisi, dan di sisi yang lain Wajib Pajak yang memiliki hak dan kewajiban perpajakan dituntut untuk dapat melaksanakan amanah Undang-undang Perpajakan dengan tepat dan benar.

Sehingga diperlukan wadah untuk dialog kedua belah pihak agar menemukan persamaan presepsi yang diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran Wajib Pajak akan betapa pentingnya membayar pajak sesuai ketentuan Undang-undang Perpajakan yang berlaku. Beberapa hal yang disampaikan oleh Kepala KPP Pratama Singkawang diantaranya adalah Keputusan Direktur jenderal Pajak Nomor KEP-335/WPJ/2018 tanggal 28 Nopember 2018 tentang Uji Coba Assigment Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama yang pada intinya bahwa KPP Pratama Singkawang termasuk dalam 64 KPP Pratama yang dimaksudkan sebagaimana Perdirjen tersebut dan masing-masing KPP Pratama yang ditunjuk sebagai pilot project terkait program Wajib Pajak Prioritas.

Acara yang mengangkat tema “Membangun Kepatuhan yang Berkelanjutan Melalui Service, Supervisi, dan edukasi” ini dimaksudkan untuk lebih ingin sambung rasa baik itu fiscus dengan para Wajib Pajak dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dan dengan meminta klarifikasi dan memberikan konsultasi maupun pendampingan kepada Wajib Pajak oleh Account Representative dalam menghitung pajak sesuai ketentuan yang berlakua serta dengan memberikan edukasi kepada Wajib Pajak baik yang sifatnya massal atau komunikasi akan ketentuan-ketentuan perpajakan yang berkaitan dengan proses bisnis Wajib Pajak diharapkan dapat membangun kepatuhan Wajib Pajak secara sukarela terhadap pelaksanaan pemenuhan kewajiban perpajakan.

Selain itu Kepala KPP Pratama Singkawang juga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada 6 (enam) Wajib Pajak yang terdiri dari 3 (tiga) Wajib Pajak Orang Pribadi dan 3 (tiga) Wajib Pajak Badan. Beberapa kategori penghargaan yang diperikan kepada Wajib Pajak berdasarkan pada 3 (tiga) kriteria yaitu : Wajib Pajak yang Paling Responsive terhadap Permintaan Karifikasi atas Data dan/atau Keterangan, Wajib Pajak yang Menyampaikan SPT Masa PPh dan SPT Masa PPN dengan Tepat Waktu, dan Wajib Pajak yang Menyampaikan SPT Tahunan Lebih Awal. Acara juga diisi dengan hiburan dan pertunjukan music dari 702 band.

Acara dialog perpajakan berlangsung dengan khidmat dalam suasana yang akrab hingga acara berakhir pada pukul 21.00 WIB. Guna meningkatkan pelayanan perpajakan khususnya pelaporan SPT Tahunan tahun 2019, KPP Pratama Singkawang juga memberikan fasilitas tambahan Kepada Wajib Pajak berupa Pojok Pajak yang memberikan pelayanan berupa, Asistensi Pelaporan SPT Tahunan melalu e-filing, pembuatan Kode Billing, Aktivasi dan Cetak Ulang Efin, serta Konsultasi Pepajakan. Layanan Pojok Pajak ini digelar di Lobby Timur Singkawang Grand Mall dan melayani Wajib Pajak setiap hari Senin sampai Jumat pukul 18.00 sampai 21.00 dan hari Sabtu pukul 12.00 sampai-21.00. (har)

Berita Terkait