KPP Pratama Pontianak Barat Gelar Sosialisasi kepada Bendahara Pemerintah

KPP Pratama Pontianak Barat Gelar Sosialisasi kepada Bendahara Pemerintah

  Jumat, 11 January 2019 09:48
SOSIALISASI: Kegiatan sosialisasi bendahara oleh KPP Pratama Pontianak Barat. IST

Berita Terkait

PONTIANAK—Menyambut awal tahun 2019, KPP Pratama Pontianak Barat menyelenggarakan sosialisasi kepada Bendahara Pemerintah di Aula Lantai I KPP Pratama Pontianak Barat, Rabu (9/1). Sosialisasi yang mengangkat tema “Pembuatan Bukti Potong 1721-A2 (Pajak Penghasilan Pasal 21 Untuk Pegawai di Kantor Pemerintah) dan Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui E-Filing” ini dihadiri ratusan bendahara pemerintah dan ahli IT yang ada di Kecamatan Pontianak Kota dan Kecamatan Pontianak Barat. Acara ini diselenggarakan selama 3 hari yaitu tanggal 9 Januari 2019 sampai 11 Januari 2019.

Sosialisasi kepada Bendahara Pemerintah ini dimulai pada pukul 08.30 WIB dan diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Nurbaeti Munawaroh selaku Kepala KPP Pratama Pontianak Barat. “Acara ini diselenggarakan untuk merefresh dan mengedukasi kembali para Bendahara Pemerintah mengenai kewajibannya dalam pembuatan bukti potong dan pelaporan SPT Tahunan,”  kata dia.

Nurbaeti berharap dengan diselenggarakannya acara ini dapat memudahkan para bendahara pemerintah yang ada di Pontianak Kota dan Pontianak Barat untuk membuat bukti potong 1721-A2. Nurbaeti berharap para bendahara pemerintah yang diundang juga dapat menjadi trainer bagi pegawai lain di satuan kerja masing-masing.

Sosialisasi materi bukti potong 1721-A2 disampaikan empat narasumber yang ahli di bidang perpajakan yaitu Reza Novandrie, Eko Parmanto, Gilbert Tigana Sibarani dan Mohammad Ryza Fakhlevy. 

Dalam penyampaian materi, para narasumber mengajak peserta yang hadir untuk langsung mempraktikan cara pembuatan bukti potong 1721-A2 melalui aplikasi yang telah diberikan. Dengan mengaplikasikan langsung cara pembuatan bukti potong tersebut, diharapkan para bendahara dapat langsung memahami cara pembuatan bukti potong tersebut. 

Selain memaparkan cara pembuatan bukti potong 1721-A2, para narasumber juga memaparkan tentang cara penyampaian SPT Tahunan melalui E-filling. Dengan adanya penyampaian kedua materi dalam sosialisasi ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan langsung di satuan kerja masing-masing. Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat menjadi trainer bagi para pegawai di satuan kerja masing-masing dengan membagikan pengetahuan mengenai pelaporan SPT Tahunan melalui e-filing.

Sosialisasi ini diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para peserta dengan dua pertanyaan terbaik serta kepada peserta yang hadir paling awal sebagai apresiasi dari KPP Pratama Pontianak Barat kepada para peserta yang antusias dalam mengikuti sosialisasi bendahara pemerintah kali ini. (r/*)

 

Berita Terkait