KPP Pratama Ketapang Maksimalkan Penerimaan Pajak

KPP Pratama Ketapang Maksimalkan Penerimaan Pajak

  Jumat, 22 March 2019 09:18
SOSIALISASI: KPP Pratama Ketapang saat sosialisasi dan bimbingan secara langsung pengisian SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi bagi ASN. IST

Berita Terkait

KETAPANG—Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ketapang berupaya agar penerimaan negara dari sektor perpajakan di wilayah kerjanya terealisasi secara maksimal. Sosialisasi pun digencarkan jelang akhir pelaporan surat pemberitahuan (SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi pada akhir bulan Maret dan SPT Tahunan Pajak Penghasilan Badan pada akhir bulan April.

"Untuk memberikan pelayanan, KPP Pratama Ketapang secara rutin memberikan sosialisasi pada setiap awal tahunnya," ungkap Kepala KPP Pratama Ketapang, Hanis Purwanto, saat acara sosialisasi dan bimbingan secara langsung pengisian SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang, belum lama ini.

KPP Pratama Ketapang, jelas dia, memiliki wilayah kerja yang melingkupi dua kabupaten yaitu Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara. Saat ini jumlah wajib pajak yang terdaftar di Kabupaten Ketapang adalah berkisar diangka 52.138 Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP), 7150 Wajib Pajak Badan (WP Badan) dan jumlah wajib pajak untuk Kabupaten Kayong Utara yang telah terdaftar di KPP Ketapang adalah 4290 WP OP dan 776 WP Badan. Melihat adanya potensi ini, maka menurutnya, sosialisasi ke Institusi Pemerintah dianggap merupakan salah satu langkah strategis untuk mengingatkan kembali kewajiban para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melaporkan SPT Tahunannya.

Sementara itu dalam sambutannya, Farhan selaku Sekretaris Daerah, Ketapang menekankan kepada seluruh jajaran aparatur sipil negara di lingkungan Kabupaten Ketapang untuk segera melaporkan SPT tahunannya dengan menggunakan efiling, mengingat semakin mendekatnya batas waktu pelaporan SPT tahunan. Instruksi tersebut juga telah ditekankan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan RB) yang mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melaporkan SPT Tahunan secara online melalui e-Filing sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 8 Tahun 2015 tanggal 31 Desember 2015.

“Kewajiban penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi oleh ASN/TNI/POLRI adalah melalui e-filing,” jelas dia.

Dalam kegiatan tersebut, Tim KPP Pratama Ketapang memberikan informasi bahwa dengan pelaporan SPT tahunan menggunakan efiling mempunyai banyak keunggulan. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh Wajib Pajak (WP) adalah  lebih cepat karena tidak perlu ke kantor pajak dan menghindari antre cukup menggunakan handphone atau komputer pribadi cukup akses ke laman djponline.pajak.go.id. Di samping itu, WP juga lebih nyaman karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selama ada jaringan internet,  ketiga lebih mudah karena sudah dilengkapi dengan fitur auto-calculation sehingga jumlah pajak yang terutang serta status laporan dapat langsung diketahui, dan yang ke empat adalah paperless, mengurangi penggunaan kertas dan dapat membantu program green government.  (sti/r) 

Berita Terkait