Kostum Kekinian Tonjolkan Karakter Gundala

Kostum Kekinian Tonjolkan Karakter Gundala

  Kamis, 30 May 2019 09:59

Berita Terkait

JAKARTA – Dalam hitungan bulan, Indonesia bakal punya film superhero ’’baru’’. Gundala siap ditayangkan mulai 29 Agustus. Poster film jagoan asli Indonesia itu dirilis Selasa (28/5), bersamaan dengan perkenalan para tokohnya.

Joko Anwar selaku sutradara menyatakan sangat hati-hati merilis satu per satu elemen dalam film jagoannya itu. Setelah poster dan para pemain, masih ada yang perlu mereka rahasiakan. ’’Kita minta para pemain dan kru untuk tanda tangan perjanjian supaya tidak membocorkan,’’ ungkap Joko ketika perilisan poster di kawasan Senayan itu.

Poster itu menampilkan karakter Gundala sebagai center yang dikelilingi karakter lain dalam ukuran kecil. Joko menyatakan sengaja memilih desain poster tersebut untuk menonjolkan karakter Gundala. Bahkan, wajah hero yang bakal diperankan Abimana Aryasatya itu tidak diperlihatkan. Suasananya dibuat gelap untuk menggambarkan feel cerita. ’’Kami memang ingin posternya memiliki sifat dan feel dari film dan inilah yang paling mewakili,’’ jelasnya.

Meski melarang keras penyampaian spoiler, Joko mengatakan senang ketika banyak penggemar yang bisa menemukan easter egg melalui trailernya. Trailer Gundala yang sudah rilis April lalu itu mendapat cukup banyak respons positif. Bahkan, banyak netizen dari luar negeri yang membuat video reaksinya. ’’Ada yang dari Malaysia, bahkan dari India. Padahal, teaser-nya kita buat organik. Artinya, tidak seperti iklan yang muncul terus,’’ tutur sutradara Pengabdi Setan itu.

Dia menambahkan, jalan cerita bakal berbeda dengan film Gundala yang tayang pada 1981. Joko menyatakan tidak khawatir jika cerita versi tahun ini akan melenceng dari ekspektasi penikmat film Gundala 1980-an. ’’Justru yang ini kita buat lebih mendekati komiknya jika dibandingkan dengan yang 1981,’’ ujarnya.

Latar waktu yang digunakan tetap mengikuti zaman, 2019. Dia juga memperkaya dari catatan-catatan pribadi sang kreator, Harya Suraminata.

Soal kostum, tampilannya dibuat berbeda dari versi komik maupun film lawasnya. Pilihan Joki itu menyesuaikan perkembangan zaman. Yang paling mencolok adalah tampilan baju, yang semula menampilkan celana dalam di bagian luar. ’’Gak mungkin kan kalau sekarang kostumnya dibuat celana di luar,’’ kelakarnya.

Abimana yang memainkan peran Gundala mengaku bangga bisa mengenakan kostum ala superhero Hollywood tersebut. Meskipun kadang terasa kurang nyaman. Apalagi, bagian wajah sengaja ditutupi. ’’Jujur, pengap banget. Tapi, gak berat sih,’’ ungkapnya. Setiap selesai syuting dia mengaku sering basah kuyup banjir keringat. (deb/c4/nda)

 

Berita Terkait