Kosta Rika vs Paraguay; Beratnya Beban Golden Generation

Kosta Rika vs Paraguay; Beratnya Beban Golden Generation

  Sabtu, 4 June 2016 11:03

Berita Terkait

ORLANDO – Kosta Rika merebut perhatian di Piala Dunia 2014. Los Ticos, julukan Kosta Rika, menyingkirkan mengungguli tiga juara Piala Dunia Uruguay, Italia, dan Inggris di fase grup. Sayang Bryan Ruiz dkk langkahnya terhenti di perempat final oleh Belanda.

            Seharusnya, Copa America Centenario menjadi pembuktian apakah golden generation Kosta Rika masih bertaji. Ujian perdana Kosta Rika pada grup A dini hari nanti (5/6) di Camping World Stadium adalah melawan Paraguay.

            Seperti diberitakan Tico Times kemarin (3/6) kisah kegemilangan golden generation Kosta Rika di Piala Dunia 2014 mulai terkikis. Hal itu menyusul hasil buruk di Piala Emas musim panas 2015 lalu. Kosta Rika yang berada di grup B bersama Jamaika, El Savador, dan Kanada gagal mengemas satu pun kemenangan.       Meski akhirnya lolos ke babak fase knock out Kosta Rika lantas dipukul Meksiko lewat extra time dengan skor 1-0.

            Niat pembuktian tersebut mendapat ganjalan. Mereka hadir tanpa kiper andalannya Keylor Navas. Kiper Real Madrid tersebut mengalami cedera otot achilles pada kaki kirinya usai membela Real di final Liga Champions Minggu (29/5). Kondisi ini seperti yang terjadi musim panas lalu ketika kiper 29 tahun itu absen di Piala Emas.

            Absennya Navas membuat Kosta Rika mengandalkan winger Joel Campbell (Arsenal) dan penyerang Bryan Ruiz (Sporting Lisbon) untuk tumpuan kekuatan. Dalam rekor lima pertemuan antara kedua negara, masing-masing menang dua kali. Satu hasil lainnya berakhir imbang.

            Arsitek Kosta Rika Oscar Ramirez mengatakan kalau Paraguay tetaplah kekuatan menakutkan. Meski dalam lima laga internasional terakhirnya, Paraguay hanya menang sekali. Paraguay tanpa Roque Santa Cruz, Lucas Barrios, Nestor Ortigoza, Richard Ortiz dan Raul Bobadilla di Copa America ini. Sebagai gantinya nama Jorge Benitez dan Dario Lezcano dimasukkan dalam tim oleh pelatih Paraguay Ramon Diaz.

            “Kami cukup senang dengan posisi underdog seperti ini. Kami tanpa Keylor (Navas) dan berharap tim ini masih bisa menunjukkan kualitasnya,” kata pelatih Kosta Rika Oscar Ramirez.       Sementara pelatih Paraguay Ramon Diaz melakukan pembicaraan khusus dengan para pemainnya. Pria asal Argentina itu berharap skuadnya akan berlipat motivasinya.

            “Kami tahu bagaimana Kosta Rika bermain. Dan kami akan mengambil langkah menyetop permainan mereka secepatnya,” ucap Diaz kepada Goal. (dra/ady)

 

Susunan Pemain

Kosta Rika (4-5-1) : 18-Pemberton (g) ; 16-Gamboa, 2-Acosta, 6-Duarte, 19-Watson, 22-Matarrita ;  5-Borges, 7-Bolanos, 10-Ruiz (c), 12-Campbell ; 9-Saborio

Pelatih : Oscar Ramirez

Paraguay (4-4-2) : 1-Villar (g) ; 6-Samudio, 14-Da Silva (c), 4-Gomes, 5-Valdez ; 11-E. Benitez, 16-Ortiz, 23-Piris ; 7-J.Benitez, 19-Lezcano

Pelatih : Ramon Diaz

Wasit : Patricio Loustau (Argentina)

Camping World Stadium, Orlando

Asian Handicap

Kosta Rika vs Paraguay                        0 : 0

Berita Terkait