Kopassus Harus Siap Hadapi Tantangan

Kopassus Harus Siap Hadapi Tantangan

  Kamis, 25 April 2019 09:17
ULTAH KOPASSUS: Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (kanan) menghadiri peringatan HUT Ke-67 Kopassus di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (24/4). MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

Hadiri Peringatan Ke-67, Prabowo Ingat Masa Muda 

JAKARTA – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merayakan hari jadi ke-67 kemarin (24/4). Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa Kopassus sebagai satuan khusus institusi militer tanah air menjadi kebanggaan. 

Hadi mengungkapkan bahwa kebanggaan terhadap Kopassus tidak muncul begitu saja. ”Prajurit Kopassus bersumpah untuk senantiasa mempersembahkan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara,” jelas dia. 

Di satuan Kopassus, prajurit-prajurit pilihan ditempa dengan beragam latihan, tantangan, dan medan pertempuran. Hadi pun kembali mengingatkan, sejak lahir sampai saat ini, Kopassus selalu ada di seluruh penjuru tanah air. ”Tidak tebersit ragu sedikit pun dalam diri prajurit komando dalam melaksanakan tugas,” ungkap mantan kepala staf Angkatan Udara (KSAU) tersebut. 

Hadi juga menyampaikan bahwa kehadiran prajurit Kopassus selalu disertai keberhasilan. Sesuai dengan moto yang selalu mereka pegang teguh. Yakni, berani, benar, dan berhasil. Untuk itu, dia meminta setiap prajurit Kopassus terus memegang dan melekatkan moto tersebut dalam jiwa.   

Sebagai pimpinan TNI, Hadi mengingatkan seluruh prajurit Kopassus supaya selalu siap berhadapan dengan bermacam tantangan. Sebab, tantangan ke depan kian berat.

Letjen TNI (pur) Prabowo Subianto yang pernah menjabat komandan jenderal Kopassus turut hadir dalam peringatan HUT kemarin. Dia mengaku bangga karena bisa melihat langsung penampilan prajurit Kopassus. ”Kopassus luar biasa. Semangat, kemampuan, fisik mereka menunjukkan kemampuan yang luar biasa,” terang dia.

Prabowo juga merasa bangga lantaran kualitas prajurit Kopassus dinilai masih sangat tinggi. ”Jadi, saya sangat bangga hari ini,” ujarnya. Melihat prajurit-prajurit pilihan itu unjuk kebolehan dalam HUT kemarin, dia teringat masa-masa ketika masih menjadi prajurit. ”Ingat masa muda. Ingat masa masih agak kurus,” kata dia, lantas tertawa. (syn/c10/git)