Kondisi Jalan Semai Rusak

Kondisi Jalan Semai Rusak

  Senin, 5 September 2016 09:55
JALAN RUSAK: Sejumlah pengendara sepedamotor saat melintasi jalan rusak dan berlobang di Jalan Semai Kelurahan Sungai Garam Hilir, Kecamatan Singkawang Utara.

Berita Terkait

SINGKAWANG--Buruknya kondisi jalan membuat aktivitas masyarakat terganggu ketika melintasi Jalan Semai di Kelurahan Sungai Garam Hilir, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

 
Jalan Semai tampak rusak parah, berlobang dan mengakibatkan banyak genangan air. Hal itu perlu adanya perhatian dari pemerintah Kota Singkawang guna memperbaiki kerusakan jalan tersebut.

 “Jalan di sini banyak yang berlubang. Jadi, bagi para pengendara roda dua maupun roda empat harus ekstra hati-hati, apabila melintas di jalan ini,” ucap Pengendaraan Sepedamotor Herdi, Minggu (4/9) di Jalan Semai, Kelurahan Sungai Garam Hilir.

Dia mengatakan kerusakan jalan ini tidak hanya menggangu aktivitas masyarakat di siang hari. Namun Jalan rusak ini juga meresahkan warga sekitar pada malam hari. Apalagi di sekitar jalan tersebut minim penerangan jalan umum.

Ia menyatakan akibat jalan rusak banyak masyarakat yang dirugikan. Seperti halnya kecelakaan lalu lintas dan kendaraan berpotensi cepat mengalami kerusakan, seperti ban mudah bocor yang dialami pengendara sebagai pengguna jalan.

“Jalan rusak yang terjadi tidak sebanding dengan kerugian pengguna jalan. Ini perlu adanya kajian khusus dari pemerintah terkait, supaya kerusakan jalan segera diperbaiki,” harap Herdi saat melintasi Jalan Semai di Kelurahan Sungai Garam Hilir, Kecamatan Singkawang Utara.

Hal senada juga diungkapkan Warga Kelurahan Sungai Bulan Eddy Purwono yang setiap hari melintas di jalan tersebut. Dirinya sangat prihatin melihat kondisi jalan semai banyak yang rusak dan berlubang karena kurangnya perhatian dari pemerintah Kota Singkawang.

“Sebenarnya jalan ini sudah lama tidak diperbaiki. Apalagi jalan di sini sering mengalami banjir. Jadi wajar saja cepat rusak dan ditambah lagi Jalan Semai ini menjadi pusat lalu-lintas masyarakat,” terangnya melihat kondisi jalan rusak karena kurang diperhatikan oleh pemerintah Kota Singkawang.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Singkawang Asir melalui Kabid Bina Marga Iskandar Zulkarnain mengakui bahawa benar kondisi Jalan Semai tersebut perlu perbaikan dari Pemerintah Kota Singkawang.

 

“Kita sudah merencanakan akan memperbaiki pembangunan Jalan Semai. Tapi kegiatan tahun ini, Jalan Semai belum masuk dalam rencana pembangunan pemerintah Kota Singkawang,” ungkapnya saat dihubungi media ini.

 

Dia menyampaikan pembangunan Jalan Semai akan diproritaskan pada anggaran pembangunan tahun 2017 mendatang. Dikarenakan anggaran tahun ini terbatas, sehingga diharapkan kepada masyarakat sekitar untuk lebih bersabar.

 

Ia menambahkan terkait rencana pembangunan jalan perlu adanya kerjasama dari pemerintah dan masyarakat. Sehingga rancangan pembangunan tersebut dapat berjalan lancar sesuai apa yang diharapkan oleh masyarakat.

 

“Kita minta masyarakat di Jalan Semai bersabar, menunggu rencana pembangunan tahun anggaran 2017. Jika tidak ada hambatan, pembangunan di Jalan Semai pasti akan dibangun oleh pemerintah,” tutup Kabid Bina Marga Dinas PU Kota Singkawang. (irn)

Berita Terkait