Komitmen Jalankan Amanah Rakyat

Komitmen Jalankan Amanah Rakyat

  Kamis, 18 April 2019 09:13

Berita Terkait

PESTA demokrasi 2019 baru saja usai. Masyarakat sudah menentukan pilihan. Masyarakat tinggal menunggu keputusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), siapa yang akan menjadi wakil dan pemimpin mereka. Selain memilih Presiden dan Wakil Presiden, masyarakat juga memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), baik DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten.

Pada pemilihan calon legislatif untuk DPRD Ketapang periode 2019-2024, ada ratusan calon yang bertarung dari berbagai partai dan daerah pemilihan. Dari sekian ratus calon, hanya akan ada 45 orang yang terpilih dan duduk di kursi DPRD Ketapang. "Siapapun yang terpilih, harus benar-benar menjadi wakil rakyat untuk kepentingan rakyat," kata Ketua DPRD Ketapang, Hadi Mulyono Upas, kemarin (17/4).

Pada pileg kali ini, hampir semua anggota dewan yang duduk di DPRD Ketapang, kembali mencalonkan diri. Baik mencalonkan diri untuk kursi yang sama, atau naik level ke tingkat provinsi. Namun demikian, apapun hasilnya nanti, terpilih atau tidak terpilih, kewajiban yang saat ini diemban oleh anggota DPRD Ketapang periode 2014-2019, harus tetap dijalankan.

Oleh karena itu, Hadi Upas meminta kepada seluruh anggota dewan yang kembali mencalonkan diri, dan jika tidak terpilih untuk periode berikutnya, dia meminta agar tidak mengkhianati amanah masyarakat. “Masyarakat telah memilih kita di periode kemarin, jadi kita sebagai anggota dewan yang masih mempunyai amanah, harus komitmen menjalankan amanah rakyat,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Ketapang, Jamhuri Amir. Dia meminta kepada seluruh anggota DPRD Ketapang yang seandainya tidak kembali terpilih di periode 2019-2024, untuk tetap menjalankan tugas yang masih ada. “Bagi yang tidak terpilih lagi, jangan larut di dalam kekecewaan. Khususnya untuk saya pribadi, seandainya gagal, kecewa pasti ada, tapi jangan larut. Kewajiban dan tugas kita sebagai wakil rakyat masih ada dan harus dijalankan dengan baik dan penuh dengan tanggung jawab,” pesannya.

“Jadi, kita berharap kepada seluruh anggota dewan periode 2014-2019, kinerja yang diamanahkan sampai September 2019 nanti jangan sampai surut. Bekerja sesuai aturan, maksimal menuntaskan pekerjaan yang belum selesai,” lanjutnya.

Sementara bagi calon anggota dewan yang baru, Jamhuri berpesan agar dapat meningkatkan kinerjanya dari pada anggota dewan yang ada sekarang ini. Terutama dalam pembuatan perda, penyelesaian masalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang sampai saat ini masih banyak. Di antaranya masalah sengketa lahan dengan perkebunan dan pertambangan.

“Diharapkan kepada anggota dewan yang baru agar lebih peka terhadap kepetingan masyarakat. Juga bersama dengan Pemerintah Daerah saling bersinergi untuk meningkatkan PAD. Agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Kinerjanya harus ditingkatkan lagi, terutama yang berorientasi untuk kepentingan orang banyak,” pungkasnya. (*)

 

Berita Terkait