Kisah Sukses TKI di Negeri Orang Terabaikan

Kisah Sukses TKI di Negeri Orang Terabaikan

  Rabu, 17 April 2019 08:27
IST

Berita Terkait

Yang Jadi Sorotan Hanyalah TKI Bermasalah

TKI banyak bermasalah? Setidaknya harus berimbang. Disamping cerita duka, tentu ada juga cerita senang TKI yang berhasil. Dari negeri seberang, membawa pulang dolar ke bumi kelahiran. Namun, cerita suka jarang diekspos. Aneka permasalahan TKI yang kerapkali diusung.

Ahmad Fahrozy, SAMBAS

KEPALA Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP3TKI) Pontianak, Maruji Marullang mengatakan hal itu. Selama ini Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang menjadi sorotan orang adalah yang bermasalah. Sementara, banyak juga diantaranya yang sukses saat mengadu nasib di negara orang.

“Banyak yang berhasil atau yang sukses ini, yang terkadang tak menjadi perhatian masyarakat,” katanya. 

Sehingga melalui kegiatan Edukasi Literasi Keuangan bagi TKI terutama yang sudah membuka usaha. 

“Karena kami berharap, TKI yang bekerja keluar negeri itu pada saat kembali ke dalam negeri mereka menggunakan uangnya untuk hal-hal yang produktif. Lantaran selama menjadi TKI, mereka sudah memiliki embrio-embrio usaha yang bisa di kembangkan. Salah satunya adalah usaha pembuatan tenun Sambas yang memang saat ini dikembangkan para mantan TKI,” katanya.

Sehingga usaha yang sudah ada selama ini bisa di tingkatkan, melalui kerjasama dengan OJK dan Bank Kalbar.  Tentu diharapkan selain memiliki penghasilan sendiri, dan bisa membuka lapangan kerja untuk dirinya dan keluarga maupun lingkungan sekitar.

“Dengan harapan, setelah memiliki usaha, mereka tak lagi menjadi TKI,” katanya.

Direktur utama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat (Kalbar) Samsir Ismail mengatakan Bank Kalbar akan memberikan kemudahan bagi TKI yang ingin berwirausaha yakni dengan peminjaman dana modal.(*) 

Berita Terkait