KI Pusat Visitasi PPID Utama Kalbar

KI Pusat Visitasi PPID Utama Kalbar

  Senin, 11 December 2017 10:00
TERIMA KUNJUNGAN: Gubernur Kalbar Cornelis saat menerima kunjungan Tim Visitasi KI Pusat, dipimpin Romanus Ndau, di ruang kerjanya, Senin (4/12), didampingi Karo Humas dan Protokol Setda Kalbar selaku PPID Utama Pemprov Kalbar, Kadis Kominfo dan pimpinan KI Kalbar. IST

Berita Terkait

PONTIANAK - Komisi Informasi (KI) Pusat mengapresiasi sistem layanan informasi publik yang sudah dikembangkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Pemerintah Provinsi Kalbar.

Apresiasi tersebut disampaikan langsung Ketua Tim Pemeringkatan Badan Publik Komisi Informasi Pusat, Romanus Ndau saat melakukan visitasi ke Pemprov Kalbar, dan diterima langsung Gubernur Kalbar, Cornelis di ruangan kerjanya, Senin (4/12).

Romanus mengatakan visitasi ini merupakan tindak lanjut dari serangkaian proses monitoring dan evaluasi dalam rangka pemeringkatan Badan Publik 2017 di tingkat provinsi se-Indonesia. Di mana Kalimantan Barat telah mengisi dan mengirimkan kembali self assessment question with (SAQ) beberapa waktu yang lalu. 

"Ini tindaklanjut dari monev yang dilakukan, dan kami senang visitasi ini disambut hangat oleh bapak gubernur yang responsif terhadap keterbukaan informasi publik," tuturnya didampingi Karo Humas dan Protokol Setda Kalbar selaku PPID Utama Pemprov Kalbar, Kadis Kominfo dan unsur pimpinan KI Kalbar.

"Secara umum saya anggap pelayanan informasi di Pemprov Kalbar cukup baik, apalagi seluruh kabupaten kota telah membentuk PPID seiring dengan penegasan surat Gubernur Kalbar terkait dengan pembentukan PPID dan pembuatan Daftar Informasi Publik," jelas pria humoris asal Flores ini.

Gubernur Kalbar Cornelis menyatakan dirinya sesungguhnya mendorong dilingkungan Setda Kalbar dan pemerintah kabupaten/kota agar terbuka terkait dengan layanan informasi publik. Hingga saat ini pelayanan itupun sudah cukup maksimal, hanya saja tidak diimbangi dengan kinerja aparaturnya.

“Saya ini sudah cepat rasanya mendorong keterbukaan informasi publik, dan kecepatan yang saya dorong di harapkan harus dapat di ikuti oleh,” tuturnya

Orang nomor satu di Kalbar ini, berharap agar peringkat Kalbar semakin mengecil, sehingga menjadi kado manis dalam mengakhiri masa tugasnya pada Januari 2018 mendatang. 
“Jika tahun 2015 dan 2016, Kalbar peringkat bertahan di urutan ke tujuh, maka saya harapkan sesuai dengan hasil kerja keras PPID Utama dilingkungan Pemprov Kalbar dan tentu saja Komisi Informasi Kalbar peringkat itu naik, artinya terjadi peningkatan,” jelas Gubernur dua periode ini.

Ketua Komisi Informasi Kalbar, Rospita Vici Paulyn, menuturkan kedatangan Tim Visitasi KI Pusat ini, bertepatan dengan kegiatan serupa yang dilakukan Komisi Informasi Kalbar dalam melakukan visitasi ke badan publik di Kalimantan Barat.

Menurut Vici, pelayanan informasi publik di Kalbar ini sebagai tindaklanjut dari Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dilaksanakan dengan prinsip transparan dan akuntabel.(KI Prov/Humasprov)

Berita Terkait