Khas Aroma dan Rasa Cabai Besar

Khas Aroma dan Rasa Cabai Besar

  Kamis, 25 Oktober 2018 10:31

Berita Terkait

Serba Balado Padang

Masakan serba balado asal Padang selalu mencuri perhatian. Begitu nikmat disantap bersama nasi hangat. Rasa dan aroma khas cabai merah besar dan cabai rawit merah sangat menggugah selera. 

Oleh : Ghea Lidyaza Safitri

Walau hanya menggunakan bumbu sederhana yakni cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih, masakan balado asli Minang tetap menjadi favorit banyak orang. Namun, bisa juga menambahkan aneka bumbu dan rempah untuk memperkaya rasa balado. Seperti halnya masakan siap saji ala Bu Nur.

Masakan balado buatan Ibu Sainap, owner masakan siap saji ala Bu Nur tak hanya terasa pedas, tapi juga manis. Sehingga, bumbu baladonya terasa pedas manis. Rasa pedas dari campuran cabai kering dan cabai rawit merah. Sedangkan rasa manis dan gurih dari gula jawa. 

Bumbu balado pedas manis ini bisa diolah dengan berbagai bahan masakan, mulai dari ayam, udang, telur, kentang, dan tahu. 

Kelima masakan ini memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri. Ayam jadi salah satu bahan masakan yang enak saat diolah dengan cara apapun. Baik digoreng, dibakar, maupun ketika dimasak dalam lumuran sambal balado. Berbeda dengan masakan pada umumnya, masakan rumahan ala Bu Nur lebih dulu mengungkep ayam agar bumbu lebih meresap. Baru setelah itu, daging ayam digoreng dan dilumuri dengan bumbu balado. 

“Bumbu balado dimasak dengan tambahan bawang bombai, daun serai, dan daun salam. Adanya kedua daun ini semakin membuat ayam balado semakin wangi dan segar. Di dalam bumbu juga ditambahkan bawang merah dan bawang putih, sehingga lebih terasa,” ujarnya.

Tak hanya ayam, masakan laut seperti udang juga nikmat disantap saat dipadukan dengan saus balado. Udang lebih dulu dipisahkan antara daging dan kulitnya. Selanjutnya, daging udang yang telah bersih dimasak dengan lumuran bumbu balado. Bumbu balado meresap sampai ke dalam daging. Udang balado Bu Nur memang disajikan tanpa ada tambahan petai. Karena tak semua orang menyukai petai.

Kentang jadi jenis sayuran yang paling digemari. Kentang terasa lebih istimewa saat dipadukan bumbu pedas balado. Tak lupa ditambahkan kacang panjang sebagai pendamping agar sensasi kentang balado lebih renyah dan menggoda. 

Begitu pula dengan tahu balado. Tekstur lembut dan kandungan gizi yang kaya akan protein membuat tahu cukup jadi primadona. Tahu yang lebih dulu digoreng crunchy dan baru dilumuri saus balado. 

“Termasuk pula proses meracik telur balado. Telur direbus lebih dulu, digoreng, baru kemudian ditambahkan bumbu balado dan taburan bawang goreng agar lebih harum. Telur balado siap menemani santap menu pagi, siang, dan malam Anda ,” pungkasnya.**

Berita Terkait