Keutamaan Salat Sunah Fajar

Keutamaan Salat Sunah Fajar

Jumat, 20 July 2018 14:14   145

Berbahagialah  setiap muslim yang memiliki amalan rutin (istiqamah) mengerjakan ibadah Salat Sunah Fajar.  Abu Sulaiman Al-Darani berkata, “Sambutlah waktu fajar dengan sebaik-baiknya. Sebab, pada saat itu ribuan kebaikan turun ke muka bumi.” 

Waktu tersebut Allah SWT menjanjikan bahwa untuknya diharamkan api neraka. Bayangkan saja, betapa besar keutamaan dari Salat Sunah Fajar ini. Manusia saja tidak ada yang mampu untuk menghadapi atau melawan kekuatan api neraka. Namun, Allah SWT bahkan menjanjikan untuk menyelamatkan dari siksaan  api neraka.

Syaikh Al Nabtaiti tidak pernah dapat memejamkan mata pada waktu malam. Dia takut kesiangan atau terlewat melakukan amalan rutin pada waktu fajar. Dia menyebutkan bahwa saat-saat menjelang fajar adalah saat Allah SWT memanggil hamba-Nya. 

Seseorang datang kepada Syaikh Al Nabtaiti dan bertanya, “Wahai Syaikh, apa yang membuat dirimu tidak pernah nyenyak ketika tidur?”. 

Beliau menjawab, “Sesungguhnya setiap malam Yang Maha Pemurah selalu memanggil hamba-hamba-Nya. Aku takut ketika Dia memanggil, aku menyahut-Nya dengan dengkuran. Dan aku malu terlihat oleh Tuhanku terbaring seperti bangkai, padahal aku masih diberi nyawa.”

Hamba–hamba yang rajin melakukan Salat Sunah Fajar, Allah SWT menjanjikan akan mempermudah urusan rejekinya. Karena pastinya orang tersebut sudah lebih awal bangun di pagi hari dibandingkan orang lainnya yang masih malas–malasan di kasur. Dengan bangun lebih pagi, pikiran jauh lebih segar dan memiliki semangat yang jauh lebih besar. Hal inilah yang menyugesti untuk bekerja lebih giat sehingga mendatangkan rejeki yang jauh lebih besar dibandingkan mereka yang tidak melakan Salat Sunah Fajar.

Dikisahkan dari Aisyah RA, beliau berkata, “Nabi SAW tidaklah melakukan satu salat sunah pun yang lebih beliau jaga dalam melaksanakannya melebihi dua rakaat salat sunah Subuh.” (HR.Bukhari-Muslim). 

Dalam lafaz lain disebutkan bahwa Aisyah RA berkata, “Aku tidaklah pernah mendengar Rasulullah SAW mengerjakan salat sunah yang lebih semangat dibanding dengan salat sunah dua rakaat sebelum fajar.” (HR.Muslim).

Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata, “Ketika safar (perjalanan), Nabi SAW tetap rutin dan teratur mengerjakan Salat Sunah Fajar dan Salat Witir melebihi salat-salat sunah yang lainnya. Tidak dinukil dari Nabi SAW bahwa beliau melaksanakan Salat Sunah Rawatib selain dua salat tersebut selama beliau melakukan Safar.” (Zaadul Ma’ad).

Keutamaan Salat Sunah Fajar atau salat sunah sebelum fardhu Subuh  ini secara khusus juga disebutkan oleh Nabi SAW. “Dua rakaat salat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR.Muslim).

Dalam lafazd lain Aisyah RA berkata, “Nabi SAW berbicara mengenai dua rakaat ketika telah terbit fajar subuh. Dua rakaat Salat Sunah Fajar lebih  Ku cintai daripada dunia seluruhnya. (HR Muslim). Salat Sunah Fajar dikatakan lebih baik dari dunia dan juga isinya. Ini mengartikan jika dua rakaat tersebut lebih wajib diutamakaan dibandingkaan dengan kegiatan duniawi lainnya seperti main, makan, tidur, berlibur dan sebagainya. Kenikmatan dunia yang dirasakan tersebut tidak akan kekal dan akan hilang suatu saat nanti. Namun akhirat menjadi tujuan utama bagi umat Muslim dan untuk mendapatkan keutamaan nikmatnya salat fajar memang tidak mudah, sebab harus melawan rasa mengantuk dan malas. Namun, jika Allah sudah menunggu kita untuk bersujud pada-Nya di sajadah, pahala yang akan didapatkan  saat melaksanakan Salat Fajar ini sangatlah besar. Ini terbukti dari perkataan Aisyah RA jika Nabi SAW tidak pernah sekalipun meninggalkan kedua rakaat tersebut. 

Setiap hari setiap manusia tentunya tidak pernah luput dari dosa, baik dosa besar maupun dosa kecil. Manusia seringkali meremehkan dalam melakukan dosa. Padahal, nyatanya mati atau maut datang tak diduga dan sewaktu-waktu bisa menghampiri tanpa peduli sebanyak apa dosa  dan sesedikit apa amalan. Jika ingin dosa-dosa terhapus, luangkanlah sedikit waktu untuk membiasakan diri melakukan ibadah Salat Sunah Fajar. Salat Sunah Fajar dapat menghapus dosa-dosa yang pernah secara sadar atau tidak yang telah dilakukan selama hidup.

Allah SWT adalah Zat Yang Maha Mencintai hamba-Nya yang rajin melakukkan ibadah Salat Sunah fajar. Dan sebagai gantinya Allah akan memberikan perlindungan ekstra  terhadap hambanya itu. Dia akan memberikan lindungan baik di dunia maupun di akhirat. Lindungan tersebut tentunya adalah keamanan yang paling tinggi dan tidak ada yang menandingi. Perlindungan yang Allah berikan akan menjauhkan dari qadar buruk yang awalnya telah dituliskan untuk manusia. Sehingga dengan adanya perlindungan Allah, qadar tersebut berubah menjadi qadar baik.  

Subhanallah. Jika keutamaan Salat Sunah Fajar saja demikian adanya, bagaimana lagi dengan keutamaan Salat Subuh itu sendiri. Wallah’alam. **

 

Uti Konsen