Kerjakan Tujuh Sunah Selama Ramadan

Kerjakan Tujuh Sunah Selama Ramadan

  Senin, 13 May 2019 11:08
BERBUKA BERSAMA: Bupati dan Wakil Bupati beserta SKPD buka puasa bersama masyarakat Kecamatan Sungai Pinyuh.

Berita Terkait

Safari Ramadan 1440 H Pemkab Mempawah

MEMPAWAH - Pemerintah Kabupaten Mempawah melaksanakan rangkaian program safari ramadan 1440 H di Kecamatan Mempawah Timur dan Sungai Pinyuh, kemarin siang. Diikuti Wakil Bupati, H Muhammad Pagi, Muspida dan jajaran Kepala SKPD, safari dipimpin Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH.

Pada edisi ke-4 ini, safari ramadan 1440 H dilaksanakan di Masjid Darussalam, Kelurahan Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur. Bupati beserta rombongan berkesempatan melaksanakan salat ashar berjamaah. Dilanjutkan dengan tausiyah agama yang disampaikan Ustaz Abdurahman Musa dan menyerahan bantuan dari pemerintah daerah kepada pengurus masjid setempat.

Kemudian, Bupati beserta rombongan melanjutkan kegiatan safari ramadan di Kecamatan Sungai Pinyuh. Safari dipusatkan di Masjid Al-Falah, Desa Sungai Bakau Besar Laut (SBBL), Kecamatan Sungai Pinyuh. Seperti sebelumnya, safari diisi dengan tausiyah agama yang disampaikan KH Muhajir Alwi, S.Pd.I dan penyerahan bantuan. Di Masjid Al-Falah, Bupati dan rombongan juga menyempatkan diri untuk berbuka puasa bersama dan ditutup dengan salat maghrib berjamaah.

“Mari kita berlomba-lomba beribadah dan melaksanakan amal kebaikan dalam mengisi bulan ramadan ini. Sebab, Allah Ta’ala menjanjikan pahala yang begitu besar kepada umat Islam yang melaksanakan ibadah dan kebaikan-kebainkan. Karena itu, jangan sia-siakan momentum ramadan sebagai ladang amal dan pahala untuk kehidupan akhirat nanti,” harap Erlina dalam sambutannya.

Erlina mengungkapkan, terdapat tujuh sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya selama mengisi bulan ramadan. Jika sunnah ini dapat diamalkan dengan baik dan benar, maka Allah Ta’ala menjanjikan hidayah dan surga.

“Yakni sering membaca alquran, selama ramadan ini perbanyak membaca alquran baik secara berkelompok di masjid maupun secara individu di rumah.Kemudian, mengerjakan salat malam. Setiap malam ramadan ini sebaiknya isi dengan ibadah-ibadah malam. Salah satunya salat tajahud. mungkin biasanya kita hanya 2 rakaat, selama ramadan bisa ditingkatkan menjadi 8 bahkan 12 rakaat,” seru Erlina.

Selanjutnya, imbuh Erlina, melaksanakan salat berjamaah di masjid baik itu salat wajib maupun sunnah seperti taraweh. Keempat, masih menurut Erlina, perbanyak bersedekah dan membantu orang yang membutuhkan.

“Sunnah ke lima, melaksanakan salat sunah dhuha. Serta, menjaga diri dengan wudhu. Upayakan kita selalu dalam keadaan bersih dan suci dengan wudhu. Terakhir, perbanyak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah Ta’ala. Dan yang terpenting, kita harus selalu istiqomah dalam beribadah dan beramal soleh,” pendapatnya.

Sementara itu, Camat Sungai Pinyuh, Daeng Dicky mengaku sangat bangga atas pelaksanaan safari ramadan Pemerintah Kabupaten Mempawah di Kecamatan Sungai Pinyuh. Apalagi, safari tersebut dipimpin langsung Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH.

“Alhamdulillah di Kecamatan Sungai Pinyuh ini, Ibu Bupati berkesempatan hadir langsung memimpin kegiatan safari. Tentunya ini merupakan kebanggaan bagi seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Sungai Pinyuh bisa bertatap muka secara langsung kepada Ibu Bupati, Bapak Wakil Bupati dan kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Mempawah,” ucapnya.

Dicky menjelaskan, safari ramadan merupakan program rutin Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam mengisi bulan ramadan. Tujuannya, untuk mempererat silaturahim dan memperkuat ukhuwah islamiyah. Dia berharap berharap sfari ramadan akan memperpendek jarak antara pemerintah daerah dan masyarakat khususnya Kecamatan Sungai Pinyuh.

“Melalui momentum ini, komunikasi dan koordinasi masyarakat dengan pemerintah daerah akan semakin dekat dan lebih baik dimasa mendatang. Sehingga masukan dan saran dari elemen masyarakat dapat disampaikan langsung kepada pemerintah daerah guna meningkatkan kinerja pelayanan publik,” tuturnya.

“Disamping itu, safari ini hendaknya dapat mempertebal keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah. Terlebih pada bulan ramadan ini, kita diwajibkan untuk meningkatkan amal dan ibadah. Sebab, ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam di seluruh muka bumi ini,” tukasnya. (wah)

Berita Terkait