Keriang Bandong Sebagai Ikon Sanggau

Keriang Bandong Sebagai Ikon Sanggau

  Senin, 31 December 2018 09:02
Foto dokumen pontianak post

Berita Terkait

SANGGAU – Dihadapan sejumlah wartawan, Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan rencananya menjadikan keriang bandong sebagai salah satu ikon baru wisata di Bumi Daranante. Hal ini sebagai daya tarik wisata daerah untuk memajukan dan menggali sisi ekonomi masyarakat.

Sebagaimana daerah lain yang memiliki ikon budaya masing-masing, Kabupaten Sanggau sudah semestinya memunculkan satu identik budaya yang secara turun temurun menjadi kebanggaan di masa lalu.

 “Keriang bandong adalah sesuatu yang dari dulu sudah dilakukan. Di era sekarang mungkin sedikit tidak terlalu digemari. Inilah yang akan kembali saya hidupkan. Sudah beberapa kali perayaan tahun baru masehi kita perlihatkan dengan menggelar festival keriang bandong. Saya harap ini bisa menjadi wahana wisata yang menarik nantinya,” jelas dia kemarin.

Berkenaan dengan mematenkan keriang bandong, Paolus mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya-upaya sejak beberapa tahun belakangan. Ia berharap di tahun depan hal tersebut sudah dapat terealisasi dan menjadi ikon baru yang ada di Kota Sanggau.

 “Sudah beberapa tahun ini kita lakukan hanya belum terealisasi. Saya harap tahun depan sudah bisa terealisasi,” harapnya.

Ia juga mengatakan berencana akan menampilkan kembali festival keriang bandong pada perayaan malam pergantian tahun 2019 untuk semakin memperkenalkan dan mendekatkan kembali budaya ini kepada masyarakat.

 “Saya berharap masyarakat mau ikut membangun budaya ini dan melek dengan budaya yang dimilikinya,” kata dia. (sgg)

Berita Terkait