Kerap Kecelakaan, U-Turn Ditutup, Bakal Menyusul Dua Titik Lainnya

Kerap Kecelakaan, U-Turn Ditutup, Bakal Menyusul Dua Titik Lainnya

  Sabtu, 12 January 2019 13:51
TUTUP U-TURN: Petugas Dishub Kabupaten Kapuas Hulu bersama sejumlah anggota Satlantas Polres Kapuas Hulu menutup secara permanen salah satu u-turn di Jalan Kom Yos Sudarso Putussibau, Jumat (11/1). ARIEF NUGROHO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas Hulu bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kapuas Hulu menutup salah satu titik u-turn di Jalan Kom Yos Sudarso Putussibau, Jumat (11/1). Putaran untuk putar balik kendaraan yang ditutup tersebut letaknya persis di depan Hotel Sanjaya Putussibaau atau perempatan Polres.

Kepala Dishub (Kadishub) Kabupaten Kapuas Hulu Abdul Halim mengakui, u-turn dekat dengan perempatan tersebut memang sering terjadi kecelakaan. Untuk itu pihaknya bersama kepolisian lalu lintas berinisiatif menutup putaran di pembatas ruas jalan tersebut.

“Upaya penutupan belokan ini untuk menjaga keselamatan pengendara, sudah banyak terjadi kecelakaan. Tidak ada di Indonesia setelah simpang empat itu ada belokan,” ujar Halim.

Halim menambahkan bahwa pihaknya sudah mendata sejumlah titik pada ruas jalan di Kota Putussibau, yang akan dilakukan penutupan sebagaimana u-turn tersebut. Putaran untuk putar balik kendaraan yang menjadi bidikan mereka baik di Putussibau Utara maupun Putussibau Selatan dalam kota.

“Ada tiga titik rencananya yang akan kita tutup, satunya depan Masjid dan depan simpang ke SMA Kedamin. Di situ sering terjadi kecelakaan,” terang Halim. Penutupan potongan jalan untuk berbalik arah ini kata Halim dilakukan bertahap, di mana yang pertama adalah yang dekat perempatan Polres. “Yang lainnya menyusul,” janji Halim.

Halim mengimbau masyarakat agar mematuhi rambu lalu lintas yang sudah dibuat, apalagi kondisi jalan dalam Kota Putussibau yang cukup ramai. “Kemudian jangan berkendara dengan kecepatan tinggi, kalau mau belok kasih rambu-rambu dulu (tanda, Red), jangan langsung belok,” pesan Halim. (arf)

Berita Terkait