Kepala OPD Harus Bisa Memotivasi

Kepala OPD Harus Bisa Memotivasi

  Jumat, 30 November 2018 10:33
PENGABDIAN: Bupati Sambas memberikan Satya Lencana Karya Satya ke Sherly Narulita, ASN di Sekretariat DPRD yang sudah mengabdi 30 tahun.

SAMBAS – Tak henti-hentinya, Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Sambas untuk memiliki komitmen tinggi memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Orang nomor satu di Sambas ini, juga mengharapkan Kepala OPD (organisasi perangkat daerah) terus memotivasi jajarannya meningkatkan kualitas diri dan mendalami akhlakul karimah.

“Sebagai Bupati, saya memberikan perhatian serius agar ASN Kabupaten Sambas memiliki komitmen yang tinggi meningkatkan kemampuan diri dalam berkarya membangun negeri,” kata Bupati Sambas, saat menghadiri sosialisasi program pengembangan kompetensi SDM Aparatur Pemkab Sambas, di Gedung Diklat Sambas.

Menurutnya, penilaian tentang birokrasi saat ini, lebih mengarah pada sisi negatif. Lebih sering terungkap tentang pendapat, anggapan dan persepsi negatif dan tendensius terhadap keberadaan ASN. 

“Banyak permasalahan yang dihadapi ketika menyentuh kualitas pelayanan publik. Mulai sistem birokrasi hingga individu birokrasi. Karenanya, Pemerintah Daerah merasa perlu menggelar upaya peningkatan kompetensi dan kualifikasi bagi birokrasi. Kondisi tentang buruknya kualitas SDM birokrasi bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi citra ASN,” katanya.

Sehingga satu hal yang harus dilakukan, bagaimana terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Agar masyarakat percaya akan kinerja dan tugas yang dilaksanakan ASN. “Cara yang paling dini adalah dengan menginstropeksi diri, perbaiki diri. Insya Allah akan memberikan kepercayaan publik,” katanya. Dalam mewujudkan tujuan birokrasi. Pemerintah memerlukan ASN yang Profesional dengan kemampuan unggul berdaya dan berhasil guna dalam pelaksanaan tugas. 

“Pemerintah Daerah merupakan sebuah organisasi, dimana sebuah organisasi memiliki tujuan. Dan tujuan itu bisa dicapai jika didukung semua pihak termasuk ASN yang profesional dan unggul,” katanya. ASN adalah aset dan potensi birokrasi yang akan menggerakkan sumber daya yang ada guna mewujudkan sasaran dan tujuan. Penting juga, ASN memahami visi misi pembangunan. Itu bisa dimulai dari dalam diri pribadi, tularkan ke keluarga hingga lingkungan yang lebih luas lagi. “Kepada pimpinan OPD, harus terus menerus memberikan motivasi bagi ASN jajarannya, guna meningkatkan kualitas diri dan mendalami akhlakul karimah,” katanya.(fah)