Kemeriahan Perayaan HUT ke-72 RI di Kelurahan BMD

Kemeriahan Perayaan HUT ke-72 RI di Kelurahan BMD

  Senin, 28 Agustus 2017 11:31
ANTUSIAS : Ratusan warga antusias menunggu pengumuman doorprize jalan santai yang digelar di Kelurahan BMD, dalam rangka memeriahkan HUT-72 RI, Minggu (27/8) pagi. IDIL AQSA AKBARY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Warga Antusis Tunggu Doorprize Jalan Santai

Puncak perayaan HUT ke-72 RI di Kelurahan Benua Melayu Darat (BMD), Pontianak Selatan berlangsung meriah, Minggu (27/8) pagi. Ratusan warga antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. 

IDIL AQSA AKBARY, Pontianak

Banyak cara dilakukan masyarakat untuk merayakan peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Seperti yang dilakukan di Kelurahan BMD, Jalan Setia Budi, Minggu (27/8) pagi. Mulai pukul 06.00warga yang hadir antusias mengikuti kegiatan jalan santai. Dengan rute, dimulai dari depan kantor lurah, menuju Jalan Gajah Mada, belok ke Jalan Hijas, lalu ke Jalan Tanjungpura dan  berakhir kembali di Jalan Setia Budi. 

Usai jalan santai, ratusan peserta yang didominasi oleh kaum ibu-ibu dan anak-anak ini langusung berkumpul menunggu pengumuman doorprize. Suasana meriah saat satu persatu nomor pemenang dibacakan panitia. Beragam hadiah pun diberikan kepada mereka yang beruntung seperti televisi, kulkas, sepeda dan alat elektronik lainnya, sampai voucher menginap dan makan di hotel. 

Salah satu warga yang beruntung, Ida Fitria (43) mengaku senang bisa mendapat hadiah. Ia mengatakan sengaja datang bersama kedua anaknya, selain niat ingin berolahraga sekaligus mencari hiburan di hari minggu. "Senang sekali acaranya meriah," ujarnya. 

Warga lainnya, Ema mengatakan hal serupa. Menurutnya perayaan HUT Kemerdekaan RI di Pontianak tahun ini sangat meriah. Tak hanya di Kelurahan BMD, ia pun aktif mengikuti berbagai kegiatan di tempat lain. "Banyak acara sampai kadang bingung mau datang ke mana," kata warga Pontianak Tenggara itu. 

Sekcam Pontianak Selatan Fursani yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, memang baru tahun ini perayaan HUT kemerdekaan RI digelar selama satu bulan penuh, yakni sejak tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus. Hal ini memang instruksi langsung dari Pemerintah Pusat agar perayaan tahun ini lebih meriah. Mulai dari pemasangan umbul-umbul, bendera, spanduk dan hal lain yang bisa memeriahkan suasana sudah berlangsung hampir sebulan. 

"Kami berharap pemasangan segala atribut untuk memeriahkan momen HUT RI merupakan kesadaran masyarakat sendiri. mulai dari tingkat RT, harus berpartisipasi aktif mulai dari ketertiban, kebersihan lingkungan dan berbagai kegiatan yang sifatnya memang menginginkan partisipasi masyarakat semua," ungkapnya. 

Selain itu anak-anak juga dilibatkan dengan mengikuti beragam perlombaan. Bahkan untuk hadiah juga diharapkan ada partisipasi dari masyarakat. "Alhamdulillah mereka menyadari memasang umbul-umbul itu tidak perlu komando atau dikasi tahu tapi mereka menyadari sendiri," katanya. 

Sementara itu, Lurah Benua Melayu Darat (BMD) Sutrisno menambahkan, rangkaian perayaan  HUT ke-72 RI tahun ini memang dirasa lebih meriah. Sejak awal pihaknya sudah membentuk kepanitian yang melibatkan berbagai pihak seperti pengurus RT/RW, LPM sampai TNI dan Polri. 

Untuk perlombaan dikatakan dia, ada lomba Pos Kamling, administrasi RT/RW, kebersihan RW dan lomba gapura. Dimana seluruh kegiatan diselarasakan dengan pihak kecamatan. "Nah selain dari lomba-lomba tadi, kami juga adakan jalan santai untuk hari ini, acaranya dimaksimalkan dengan swadaya berbagai pihak. Hari ini kami agak tampil beda biar meriah," tambahnya. 

Dimana acara tersebut juga diisi dengn hiburan rakyat, seperti marching band dan kesenian barongsai. Dihadiri peserta yang cukup ramai. Kemudian seluruh rangkaian perayaan ditutup pada malam puncak, Minggu (27/8) malam, sekaligus pengumuman semua kegiatan lomba. 

Sutrisno berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa meningkatkan lagi kecintaan terhadap NKRI. Masyarakat harus sadar bahwa peringatan hari kemerdekaan adalah hal penting. 

"Kami ingin mengetuk hati semua warga, apalagi dalam kegiatan ini kami semaksimal mungkin melibatkan semua unsur dalam masyarakat. Semoga ke depan acara seperti ini dapat ditumbuhkembangakan sehingga suasana perayaan HUT RI semakian dirasakan," pungkasnya.**

Berita Terkait