Kemeriahan Natal dan Tahun Baru Bersama IKAT Kalbar

Kemeriahan Natal dan Tahun Baru Bersama IKAT Kalbar

  Senin, 14 January 2019 16:55
KHIDMAT: Suasana ibadat liturgi Perayaan Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2018 Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kalimantan Barat penuh kekhidmatan di Hotel Star, Pontianak, Sabtu (12/1).

Berita Terkait

SUASANA penuh keakraban terasa kental saat Perayaan Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2018 Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kalimantan Barat di Hotel Star, Pontianak, Sabtu (12/1) lalu. Sekitar 300an anggota IKAT Kalbar dari berbagai kabupaten/kota di provinsi ini hadir memeriahkan acara yang bertemakan “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (Bdk 1 Korintus 1:30a). Nuansa budaya Toraja terasa kental dalam gelaran ini. Sejumlah tamu mengenakan pakaian adat Toraja. Begitu juga prosesi ibadat dan perayaan yang memasukkan unsur adat-istiadat Toraja.

Ketua IKAT Kalbar Daud Adi Mangalla mengatakan, kegiatan ini merupakan kumpul akbar bersama setahun sekali para anggota IKAT Kalbar. Kerinduan ini diwujudkan dalam kebersamaan merayakan Natal. “Kami mengundang semua warga Toraja yang tersebar di Kalbar untuk bersukacita. Walaupun komunitas kita tidak sebesar suku lain di Kalbar, tetapi kita berusaha untuk tetap menunjukkan kekompakan. Dan kita harus berbaur dan bersatu dengan masyarakat lain untuk memajukan bangsa dan negara,” ujar dia.

LILIN NATAL: Pendeta Bernadus Baddu saat bersama para pengurus IKAT Kalbar saat menyalakan lilin Natal dalam prosesi ibadat.
 

Acara ini didahului dengan ibadat bersama, dilanjutkan dengan penampilan paduan suara IKAT Kalbar, pertunjukan musik dan nyayian dari perwakilan IKAT kabupaten/kota lainnya, serta ramah-tamah.  Ibadat dipimpin oleh Pdt Bernadus Baddu dan Pdt Meike Pradana. Sementara liturgi dipandu oleh Viu Febrian dan MC oleh Novianne. Hadir pula drs Junaidi MM mewakili Gubernur Kalbar dan Kompol Sri Hardiyanti mewakili Kapolresta Pontianak. 

Acara Natal dan Tahun Baru IKAT  Kalbar tahun ini terasa lebih panjang dan meriah. Ketua Panitia Yonatan Lumalan mengatakan mereka terus berupaya agar dari tahun ke tahun acara semakin baik. Bahkan dia berharap, Natal dan Tahun Baru bersama ini tidak hanya digelar di Pontianak saja, melainkan digilir ke daerah lain. Dia mengusulkan, Kabupaten Landak akan menjadi tuan rumah ke depannya. “Agar keakraban antarmasyarakat Toraja lebih erat lagi,” ucap Yonatan.

DOA: Pendeta Meike Pradana saat memimpin doa pembukaan Perayaan Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2018 IKAT Kalbar.

 

Daud dan Yonatan pun berterima kasih kepada seluruh panitia, para donatur dan undangan yang telah hadir dalam acara tersebut. “Terima kasih tal setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang sudah menyumbangkan tenaga, pikiran dan materi, sehingga acara ini bisa meriah dan sukses. Kita berharap tahun depan acara yang sama akan lebih besar dan meriah,” imbuh Daud.

TERIMA KASIH: Ketua IKAT Kalbar Daud Adi Mangalla (kiri) dan Ketua Panitia Acara Yonatan Lumalan mencucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kesuksesan acara ini.

Dia berharap, pada tahun 2019 ini para anggota IKAT Kalbar lebih bersemangat dalam berkarya dan meraih kesuksesan.  Dia juga meminta agar masyarakat Toraja di Kalbar turut serta menjaga kedamaian di tahun politik ini. “Kita harus menyukseskan Pemilu yang bebas, adil dan damai. Jangan ikut-ikutan menjadi penyebar hoaks dan kebencian,” pungkas dia. (ars)

Berita Terkait