Kemenkeu Kalbar Dukung Untan Jadi BLU

Kemenkeu Kalbar Dukung Untan Jadi BLU

  Senin, 17 June 2019 09:34
PERTEMUAN: Suasana pertemuan membahas pelaksanaan BLU di Universitas Tanjungpura. IST

Berita Terkait

PONTIANAK - Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kalimantan Barat, Edward Nainggolan beserta Kepala Kantor Wilayah Ditjen Kekayaan Negara (DJKN) Kalbar, Edih Mulyadi melakukan kunjungan ke Universitas Tanjungpura Pontianak. Keduanya melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. H. Garuda Wiko, S.H., M.Si untuk membahas pelaksanaan Badan Layanan Umum (BLU) Untan.

Edward Nainggolan yang juga salah satu konseptor BLU dan penyusun PP 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan BLU menyampaikan bahwa konsep BLU harus dijalankan sesuai aturan yang berlaku. Edward juga menyampaikan bahwa tujuan BLU adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat  tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. 

Oleh karena itu, diperlukan perbaikan pola pengelolaan keuangan. BLU juga diberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang sehat untuk meningkatkan kinerja Untan.

Prof. Garuda Wiko mengatakan perubahan dari Satuan Kerja (Satker) ke BLU perlu persiapan dengan mengubah mindset, kultur, dan kebiasaan. Maka dari itu, ia berharap agar Kakanwil DJPb dan Kakanwil DJKN bersama-sama membimbing Untan dan melakukan penyamaan persepsi dalam implementasi BLU. 

Menurutnya, ada beberapa fixed income yang diperoleh oleh Untan, di antaranya dari perkuliahan, rumah sakit, pusat bahasa dan klinik. Selain itu, terdapat sejumlah aset yang mungkin bisa dimanfaatkan seperti tanah yang lokasinya sangat strategis.

Edih Mulyadi, Kakanwil DJKN berkomitmen untuk membantu dalam meningkatkan pemanfaatan aset-aset Untan sehingga dapat menghasilkan pendapatan yang optimal. Pendapatan dari pemanfaatan aset tersebut dapat digunakan sebagai peningkatan kinerja untuk keselarasan Tridarma Perguruan Tinggi.*

Berita Terkait