Kelompok Toga Mahkota Dewa‎ Wakili Sambas

Kelompok Toga Mahkota Dewa‎ Wakili Sambas

  Jumat, 8 June 2018 10:00
LOLOS KE PROVINSI: Tim Penilai saat melihat langsung Toga Mahkota Dewa yang ikut lomba mewakili Sambas. Usai penilaian Toga, tim diabadikan bersama. ISTIMEWA

Berita Terkait

Ikut Penilaian Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional ‎Tingkat Provinsi

‎SAMBAS - Sambas kembali menunjukkan eksistensinya di bidang Kesehatan. Kali ini mengikuti Lomba Tanaman Obat-obatan Keluarga (Toga) tingkat Provinsi Kalimantan Barat, yang penilaiannya baru saja dilaksanakan 5 Juni 2018 lalu. Yang beruntung mewakili Sambas dan mengikuti lomba tersebut adalah Kelompok Toga Mahkota Dewa, dari Desa Sungai Serabek Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas.

Tim penilai dari Provinsi yang turun langsung menilai kelompok Toga ini antara lain Endang Widayati SKM dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, kemudian ada Ester Minda Simbolon S Sos MSI dari Biro Kesra Provinsi, dan Imelda Rudin SKM MSI dari Tim Penggerak PKK Provinsi.

Kegiatan penilaian, dihadiri Kepala Desa Sungai Serabek dan Camat Teluk Keramat.  Dalam kesempatan itu, Asmori Kepala Desa‎ Sungai Serabek dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan penilaian Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional melalui pemanfaatan Toga dan Keterampilan (Akupresur) ini sejalan dengan visi dan misi desanya, terkait dengan peningkatan kesejahteraan, pendidikan dan ekonomi masyarakat desa Sungai serabek.

“Kegiatan ini erat kaitannya dengan visi misi desa kita, baik dibidang kesejahteraan, pendidikan dan ekonomi masyarakat desa, yang mana pada akhirnya kita berharap adanya peningkatan pendapatan asli desa," kata Asmori.

‎‎Kemudian, Usman Camat Teluk Keramat dalam sambutannya mengatakan bahwa program Toga atau Giok bukan hanya sekedar program, tapi telah menjadi sumber pendapatan masyarakat Teluk Keramat. "Selaku Camat, kami pihak Pemerintah tentu sangat mendukung program ini, dan merasa bangga Desa Sungai Serabek terpilih sebagai kelompok Toga yang dinilai oleh Tim Penilai dari Provinsi," kata Usman. ‎

Pada kesempatan itu, Camat juga menyampaikan keinginannya untuk memiliki lahan satu hektar diperuntukkan untuk program Toga, juga sebagai lokasi wisata rekreasi representatif di kecamatan Teluk Keramat, serta bisa menjadi pilot project bagi kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten Sambas.

‎Sementara itu, dari Tim penilai Provinsi, Endang Widayati mewakili Timnya mengatakan, bahwa kegiatan ini bukan sekedar penilaian kompetisi atau lomba, namun lebih menitikberatkan pada bagaimana memanfaatkannya, sehingga menjadi pendapatan untuk masyarakat.

"Kami berharap, Desa ini kelak menjadi desa yang menginspirasi bagi desa-desa lainnya. Karena hasil dari verifikasi lapangan yang kami lakukan, desa ini sudah mempunyai produk unggulan yang bisa dihasilkan dan dipasarkan," kata Endang Widayati‎. (fah)

 

Berita Terkait