Kejar Target Nasional, BKKBN Turunkan Angka Wanita Melahirkan di Bawah 18 Tahun

Kejar Target Nasional, BKKBN Turunkan Angka Wanita Melahirkan di Bawah 18 Tahun

  Selasa, 18 June 2019 08:55

Berita Terkait

PONTIANAK-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat terus berupaya menurunkan angka wanita usia subur pernah melahirkan di bawah 18 tahun. Dari 63 perseribu wanita di Kalbar, ditargetkan akan diturunkan menjadi 33 orang perseribu wanita, di mana angka tersebut merupakan angka nasional.

Demikian dikatakan Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana saat membuka Workshop Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga  Bagi remaja Melalui  Penguatan Peran PIK Remaja  dan BKR Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Barat, Senin (17/6).

Dati data terakhir, masih di atas 10 persen wanita sudah menikah di bawah 18 tahun. Selain itu, kelomp wanita usia 15-19 tahun, masih menyisakan 63 dari seribu wanita peranh melahirkan. Angka tersebut masih jadi perhatian BKKBN Kalbar, karena jika merujuk nasional angkanya sudah turun menjadi 33.

Posisi 63 itu kata dia masih jauh dari target. Mudah-mudahan melalai forum ini ada upaya mengarah pada perhatian anak-anak yang menjadi investasi penting masa depan.

Perkembangan teknologi dengan pesatnya informasi saat ini tak ditutupi Kusmana telah merajai dunia. Utamanya media sosial kini sudah tak bisa lagi dibatasi. Akses ponsel pintar digenggaman anak-anak pun menjadi lumrah. Akan hal itu, dalam pengawasan, ujung tombak pertama adalah keluarga.

Dari keluarga utamanya orang tua hendaknya dapat memfilter arus informasi media sosial utamanya konten-konten negatif agar tak diserap oleh si anak. Agar terhindar dari itu, tiga nilai harus dipegang. Pertama agama, nilai sosial dan nilai kenegaraan.

“Tiga nilai ini harus dicoba, disasar dan kita sosialisasikan kepada para remaja bahwa keluarga-keluarga yang ada, termasuk media selama ini selalu memberikan dan  berbagi informasi kepada masyarakat dan keluarga di Kalbar," katanya.(iza)

Berita Terkait