Keahlian Maksimal Sang Juru Batu

Keahlian Maksimal Sang Juru Batu

  Selasa, 23 April 2019 11:12
(ARIEF NUGROHO/PONTIANAK POST)

Berita Terkait

JURU batu memang tak karib dengan mereka yang di kota. Namun, di perhuluan, cukup sering terdengar. Sebutan untuk orang yang berada di bagian depan kapal. Membantu, 

agar perahu mulus di perjalanan. Sang juru batu, harus paham dimana letak bebatuan sungai yang bisa mengandaskan perahu. Juga harus mengerti, celah-celah yang bisa dilewati erahunya.

Alat bantunya, tongkat panjang. Kadang juga dayung. Ketika mengarungi sungai dengan arus deras atau jeram, juru batu akan beraksi dengan tongkatnya membantu daya mesin.

Seorang juru batu juga bertanggung jawab atas keselamatan penumpang dan harus rela menjajaki terlebih dahulu sela bebatuan mana yang bisa dilewati oleh perahu motor sebelum melintasi jeram. 

Tidak perduli seberapa bahayanya jeram tersebut, seberapa deras arusnya, dan bahaya apa yang menghadang saat melakukan tugas. 

‘’Karena saya sering lewat daerah ini, paham sudah daerah mana-mana yang yang berbahaya atau tidak. Syukurnya belum ada kecelakaan serius yang membuat perahu karam atau terbalik,’’ ujar seorang juru batu di kawasan Sejiram, Kapuas Hulu.

 

 

Berita Terkait