Kawal Pemilu hingga Selesai

Kawal Pemilu hingga Selesai

  Minggu, 21 April 2019 09:02
TINJAU PPK: Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono didampingi Kapolresta Pontianak Kombespol M. Anwar Nasir berkeliling meninjau pelaksanaan rekapitulasi Pemilu 2019 di tingkat kecamatan di Kota Pontianak, kemarin. SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – Kepolisian Daerah (Polda) Kalbar terus memperlihatkan komitmen mereka untuk menjadikan Pemilu 2019 di Kalbar sebagai pesta demokrasi aman, damai, dan sejuk. Hal tersebut dapat dilihat dari keseriusan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, beserta jajaran, saat meninjau rekapitulasi penghitungan surat suara yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di sejumlah tempat yang dilaksanakan, Jumat (19/4) sore.

Kapolda turun langsung ke lapangan didampingi Kombes Pol  Jayadi, kepala Biro Operasi Polda Kalbar; Kombes Pol Dally Achmad Mutiara, direktur Intelejen Polda Kalbar; serta Kapolresta Pontianak Kombes Pol M. Anwar Nasir. Semua perwira menengah Polda Kalbar tersebut mendampingi Kapolda yang meninjau langsung proses rekapitulasi penghitungan surat suara di PPK Pontianak Tenggara, yang dimulai dari siang hingga sore hari. Kegiatan serupa berlanjut ke PPK Pontianak Selatan, kemudian meninjau Posko Operasi Mantap Praja di Mapolresta Pontianak Kota.

Kapolda menegaskan bahwa mereka telah menginstruksikan kepada seluruh kapolres di jajaran Polda Kalbar, untuk tetap mengamankan sejumlah tempat pascapemungutan dan perhitungan suara Pemilu Presiden dan Wapres, Anggota Legistlatif DPRD Kabupaten, Provinsi dan DPR-RI, serta anggota DPD-RI. Di antarnya, sebut dia, pengamanan dilakukan di Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK), serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota maupun Provinsi. "Pola pengamanan yang dilakukan untuk di PPK dijaga 15 personel selama 24 jam. Sedangkan di KPU kabupaten/kota ditempatkan 30 personel lebih," ujar Kapolda.

Kapolda juga menambahkan, untuk KPU tingkat Provinsi akan diberikan pengamanan dan pengawasan. Salah satunya, mereka menerjunkan kompi personel Brimob dan kompi personel Sabhara. "Ini untuk mengantisipasi dan mengamankan kelancaran proses rekapitulasi di KPU Provinsi," timpalnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menggelar patroli gabungan bersama TNI, untuk menciptakan keamanan serta ketertiban dalam masyarakat, agar tetap kondusif. Ini dilakukan mereka untuk menciptakan suasana kondusif dan juga untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai, dan sejuk di Kalbar.

"Kami juga tetap menggelar patroli di semua wilayah jajaran Polda Kalbar, gabungan bersama TNI. Antisipasi kamtibmas agar kondusif. Begitu juga kami mengajak kepada warga Kalimantan Barat, untuk menjaga keamanan yang sangat kondusif selama ini. Kita tunjukkan bahwa Kalbar merupakan provinsi yang aman hingga Pemilu 2019 bisa dinyatakan benar-benar selesai,” pungkasnya. (Sig)

Berita Terkait